Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Distribusi Naskah UN SMP Rampung 3 Mei

Persiapan menjelang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah hampir rampung.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 30 April 2015  |  12:00 WIB
Naskah soal Ujian Nasional 2015 - Antara
Naskah soal Ujian Nasional 2015 - Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Persiapan menjelang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah hampir rampung.

Distribusi naskah ujian nasional (UN) tingkat SMP 2015 ditargetkan selesai 3 Mei atau satu hari sebelum pelaksanaan ujian. Naskah-naskah tersebut akan didistribusikan ke 510 kabupaten/kota yang akan melaksanakan UN SMP pada 4-7 Mei mendatang.

Distribusi naskah UN SMP telah dimulai sejak 26 Maret lalu yaitu ke Kabupaten Maluku Barat Daya. Pada akhir bulan Maret (29/03), ada empat kabupaten/kota yang juga mendapat distribusi awal, yaitu Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Berdasarkan keterangan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik), Nizam, sejak awal (26/03) hingga Selasa (28/04) distribusi sudah mencakup 212 kabupaten/kota.

Distribusi naskah UN SMP terbanyak terjadi hari Rabu (29/04/2015) yaitu ke 106 kabupaten/kota. 192 kabupaten/kota lainnya akan mendistribusikan naskah UN pada 30 April hingga 3 Mei. Dengan demikian, secara total, pada 3 Mei nanti naskah UN SMP akan didistribusikan ke 510 kabupaten/kota.

"Distribusi naskah menggunakan beberapa jalur, yaitu darat, laut dan udara. Khusus untuk Provinsi Aceh pengiriman dilakukan oleh percetakan yang berada di Jakarta, Perum Percetakan Negara RI dengan menggunakan jalur darat. Waktu tempuh pengiriman ini memakan waktu empat hari, yaitu dari tanggal 23-27 April, karena atas permintaan dinas pendidikan setempat," paparnya, Kamis (30/4/2015).

Sebelum didistribusikan ke kabupaten/kota, naskah soal dan lembar jawaban yang telah selesai dicetak disimpan di gudang provinsi atau di percetakan. Di beberapa provinsi, penyimpanan dilakukan di Polda dan Kantor Pos Provinsi. Total naskah yang dicetak untuk UN SMP adalah 18.735.824 eksemplar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top