Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

100 Kabupaten Segera Dapat Dana Desa Hingga Rp280 Juta/Desa

Sebanyak 100 kabupaten yang sudah merampungkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) segera menerima Dana Desa dengan nominal Rp250 juta-Rp280 juta per desa.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 28 April 2015  |  21:40 WIB
Tumpukan uang - Ilustrasi
Tumpukan uang - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 100 kabupaten yang sudah merampungkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) segera menerima Dana Desa dengan nominal Rp250 juta-Rp280 juta per desa. 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Djafar mengatakan dana desa sudah disalurkan kepada 100 kabupaten dari sekitar 511 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

"Yang sekarang sudah siap ini sudah kita luncurkan semua, yang belum siap kita tahan. Dari 74.000 desa sekarang yang sudah dikucurkan kurang lebih ada 100 kabupaten," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (28/4/2015).

Jumlah tersebut, diakui Marwan masih relatif sedikit. Pasalnya, pemerintah memang menunggu rampungnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa, Anggaran Pendapatan Belanja Desa, dan Peraturan Bupati terkait alokasi dana desa. 

"Memang kita tahan dulu, sampai betul-betul desa itu siap RPJMDes, RKPDes, APBDes, sama Peraturan Bupatinya. Sudah siap baru kita luncurkan," tegasnya. 

Pengucuran dana desa, lanjut Marwan, disesuaikan dengan kriteria jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat kemiskinan, dan indeks kesulitan geografis. Dengan mempertimbangkan empat kriteria tersebut, kisaran dana desa yang dikucurkan tahun ini sebesar Rp250 juta-280 juta per desa.  

"Periode pertama Rp250 juta-280 juta. Nanti 2016 lebih besar lagi, kira-kira 2017 sudah sampai Rp1 miliar per desa," imbuhnya. 

Dana Desa akan disalurkan Kementerian Keuangan kepada rekening desa. Namun, dana tersebut akan mampir sebentar di rekening kabupaten. Kendati demikian, Marwan memastikan tidak akan ada intervensi atau pungutan Pemda pada dana tersebut. 

"Uang itu hanya mampir di APBD Kabupaten. Yang menentukan teknisnya adalah pusat," kata Marwan. 

Pemerintah Pusat menargetkan seluruh desa sudah merampungkan RPJMDes, RKPDes, APBDes, dan Peraturan Bupati pada pertengahan Mei 2015. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dana desa
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top