Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR: ISIS Incar Mereka Yang Lemah Pengetahuan

Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya mengingatkan pentingnya peran generasi muda dalam upaya melawan radikalisme yang muncul akhir-akhir ini di Indonesia dengan mengincar mereka yang minim pengetahuan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 24 April 2015  |  18:13 WIB
Tantowi Yahya - Antara
Tantowi Yahya - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya mengingatkan  pentingnya peran generasi muda dalam upaya melawan radikalisme yang muncul akhir-akhir ini di Indonesia dengan mengincar mereka yang minim pengetahuan.

 Menurutnya, paham radikalisme seperti ISIS tengah mengincar generasi muda. Kalau paham itu dibiarkan, ujarnya, maka keutuhan  kehidupan berbangsa dan negara akan terkoyak.

"Pembawa paham ini sengaja memilih orang-orang yang yang minim pengetahuan, karena mudah dimasuki paham nya.Jadi, paham tersebut begitu mudah masuk, karena ketahanan kita rentan karena pengetahuan yang minim," ujarnya. Hal itu disampaikan  Tantowi  saat menggelar Sosialisasi 4 Konsensus Kehidupan Berbangsa dan Bernegara hari ini, Jumat (24/4/2015).

Menurutnya, paham radikalisme yang sekarang sedang top itu adalah ISIS. ISIS ini hanya salah satu paham saja, sebelumnya ada paham-paham lain yang berkembang,"ujarnya.

Menurut politisi dari Dapil III Jakarta itu, paham-paham tersebut masuk ke Indonesia karena beberapa faktor diantaranya, minimnya pengetahuan masyarakat  sehingga ketika paham radikalisme tersebut datang mereka menelanya mentah-mentah. Sedangkan faktor lainnya yang mendorong radikalisme masuk dan berkembang adalah karena lemahnya iman generasi muda.

“Faktor lainnya yaitu himpitan ekonomi. Ketika ada sekelompok masyarakat itu susah, kerjaan tidak  jelas, tiba-tiba ada orang yang menawarkan sesuatu padahal orang itu tahu salah, mereka masa bodoh karena yang penting uang.

Lebih jauh, Tantowi mengingatkan kembali bahwa tugas generasi muda adalah, memperkuat  iman, memperbanyak ilmu pengetahuan, di dalam sekolah maupun diluar sekolah.

"Masuklah organisasi yang bisa mencerdaskan dan memperluas jaringan kita. Jangan masuk organisasi yang gak jelas, karena banyak sekali organisasi-organisasi tanpa nama tapi angnya banyak," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr ISIS
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top