Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SEJARAH JAKARTA: Begini Asal Usul Nama Senayan

Senayan merupakan satu kawasan penting di Jakarta, yang terkenal sejak dibangun gelanggang olah raga bertaraf internasional di daerah itu.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 23 April 2015  |  21:10 WIB
Gedung MPR/DPR ada di kawasan Senayan.  -
Gedung MPR/DPR ada di kawasan Senayan. -

Bisnis.com, JAKARTA -- Senayan merupakan satu kawasan penting di Jakarta, yang terkenal sejak dibangun gelanggang olah raga bertaraf internasional di daerah itu.

Sarana berolah raga tersebut bernama Gelanggang Olah raga (Gelora) Soekarno, yang dibangun pada awal 1960-an atas bantuan pemerintah Uni Soviet pada era Perdana Menteri Nikita Sergeiwitsj Kruschev.

Nama Senayan semakin terkenal lagi setelah dibangun Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat/Dewan Perwakilan Rakyat (MPR/DPR).

Mengapa daerah itu diberi nama Senayan? Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Nama Senayan berasal dari keadaan wilayahnya pada masa lampau. Pada peta yang diterbitkan Topographische Bureau, Batavia pada 1902, kawasan Senayan masih ditulis Wangsanajan, atau Wangsanayan menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Kata Wangsanayan berarti tanah tempat tinggal atau tanah milik seseorang yang bernama Wangsanayan.

Sebutan Wangsanayan lambat laun berubah, kaerna masyarakat lebih mudah melafalkan atau mengucapkannya dengan kata Senayan.

Wangsanayan duyakini sebagai seseorang yang berasal dari Bali, berpangkat Letnan, yang lahir sekitar tahun 1680, yang kemudian tinggal di Batavia.

Jadi, asal muasal nama Senayan sebetulnya dari nama orang tersebut hingga kini menjadi salah satu kawasan yang sangat terkenal di Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta belanda
Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top