Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Budi Gunawan Layak Wakapolri

Indonesia Police Watch (IPW) menilai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibutuhkan Kapolri saat ini adalah sosok yang mampu membangun soliditas di internal Polri.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 21 April 2015  |  10:20 WIB
Komjen Pol Budi Gunawan - Antara
Komjen Pol Budi Gunawan - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) menilai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibutuhkan Kapolri saat ini adalah sosok yang mampu membangun soliditas di internal Polri.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane, mengatakan sosok Wakapolri nantinya harus mampu membantu Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dalam membangun dan menjalankan soliditas di internal dengan cepat.

"Wakapolri yang mampu menciptakan soliditas dalam waktu satu hingga tiga bulan," katanya kepada Bisnis.com, Selasa (21/4/2015).

Menurut dia calon Wakapolri yang cakap menjalankan kemauan Wakapolri soal soliditas itu ada pada jenderal bintang tiga senior dan memiliki kapasitas mumpuni.

Neta menilai Komjen Budi Gunawan merupakan figur tepat yang mampu membangun soliditas tersebut. "Budi Gunawan paling senior, dia yang lebih dulu dapat pangkat Komjennya," katanya.

Budi Gunawan, tutur Neta, telah berkali-kali dipercaya oleh Kapolri terdahulu untuk membuat konsep tentang kepolisian. Kemudian, Budi Gunawan juga memiliki lobi yang kuat ke pemerintahan dan masyarakat.

"Dengan situasi sekarang, Polri butuh seorang yang mampu melakukan lobi ke pemerintahan," katanya.

Neta melihat peluang Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu cukup besar untuk menjabat Wakapolri, mengingat sempat dicalonkan sebagai Kapolri meski dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengaku akan menentukan pendampingnya pada pekan ini. Seluruh bintang tiga di Polri berpeluang menjabat Wakapolri, namun nama-nama tersebut akan digodok dalam rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang dipimpin Kapolri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komjen budi gunawan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top