Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Medan Perketat Distribusi Elpiji 3 Kg

Pemerintah Kota Medan menargetkan merilis peraturan walikota yang memperketat pengaturan tentang distribusi tabung gas Elpiji 3 kg pada bulan depan.
Febrany D. A. Putri
Febrany D. A. Putri - Bisnis.com 20 April 2015  |  13:14 WIB
Tabung elpiji 3 kg - Antara
Tabung elpiji 3 kg - Antara

Febriany D.A. Putri

Bisnis.com, MEDAN—Pemerintah Kota Medan menargetkan merilis peraturan walikota yang memperketat pengaturan tentang distribusi tabung gas Elpiji 3 kg pada bulan depan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Syahrizal Arif mengatakan perwal tersebut saat ini sudah masuk tahap finalisasi.

"Kami telah melakukan beberapa kali revisi, terutama teknis pendistribusiannya. Kami juga tela mengumpulkan total kebutuhan pasokan dari agen," ujar Syahrizal, Senin (20/4/2015).

Lebih lanjut Syahrizal memerinci saat ini di Medan terdapat 48 agen. Kebutuhan pasokan per agen mencapai 600 tabung per bulan.

"Kalau regulasinya sudah terbit, kami akan sepenuhnya turun tangan, menyanggupi pengaturan distribusi. Kita tunggu saja," ucap Syarizal.

Adapun, Pertamina Sumbagut menunggu permintaan dari masing-masing pemkab dan pemko untuk menentukan jumlah Elpiji 3 kg yang akan didistribusikan. Pertamina beranggapan melalui terbitnya perda di masing-masing kabupaten dan kota, permasalahan distribusi dan kelangkaan dapat diantisipasi.

External Relation Pertamina MOR I Zainal Abidin menyebutkan, Binjai dan Medan akan menjadi daerah prioritas untuk menelurkan perda tersebut. Nantinya, jika perda tersebut berjalan di Binjai, sistem distribusi akan menjadi semi tertutup.

Pengajuan kebutuhan Elpiji 3 kg dari pemda berdsarkan Keputusan Menteri ESDM bersama Mendagri No.5 dan 17/2011, sistem distribusi Elpiji 3 kg tertutup. Kendati demikian, sistem distribusi di tingkat pengecer tidak terawasi.

Untuk mendukung perwal tersebut, DPRD Medan juga berencana bekerja sama dengan pemko membentuk tim pengawasan distribusi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elpiji 3 kg
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top