Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAA BANDUNG: RI Ajak Asia Afrika Dukung Palestina

Pemerintah Indonesia mengajak seluruh negara di Asia dan Afrika untuk bersatu mendukung penuh kemerdekaan Palestina.
Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden, Rabu (15/4/2015)./JIBI-Akhirul Anwar
Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden, Rabu (15/4/2015)./JIBI-Akhirul Anwar

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia mengajak seluruh negara di Asia dan Afrika untuk bersatu mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri, mengatakan salah satu isu yang terus mendapat perhatian khusus adalah kemerdekaan Palestina. Untuk itu, pemerintah Indonesia selalu mendukung pencarian solusi untuk kemerdekaan Palestina.

“Indonesia sangat percaya Pemerintah Palestina sudah siap untuk menjalankan negaranya sendiri sebagai negara yang merdeka,” katanya di JCC, Jakarta, Senin (20/4).

Retno menuturkan sebagai negara berkembang, negara-negara di Asia dan Afrika harus bersatu untuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Permasalahan tersebut harus terus dibahas pada pertemuan tingkat tinggi, agar Palestina benar-benar mendapatkan kemerdekaannya.

Menurutnya, Indonesia juga akan mendorong kerja sama selatan-selatan sebagai salah satu alat untuk mengimplementasikan the New Asian African Strategic Partnership (NAASP) dan Pesan Bandung yang nantinya menjadi pesan politik para kepala negara peserta KAA.

“Kerja sama selatan-selatan dapat diperkuat dengan melibatkan mitra strategis melalui mekanisme kerja sama triangular yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Fariz Mehdawi, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, berharap deklarasi dukungan untuk Palestina dari KAA berdampak positif bagi negaranya. Pasalnya, hingga kini Palestina belum sepenuhnya merdeka, karena masih dijajah oleh Israel.

Fariz menuturkan negara-negara yang pernah mengalami penjajahan seperti Indonesia tidak akan membiarkan negara lain terus berada dalam situasi seperti itu. Hal tersebut terlihat dari upaya pemerintah Indonesia yang memasukkan isu kedaulatan Palestina ke dalam pembahasan KAA.

Dalam kesempatan itu Fariz juga menyebutkan sebaiknya deklarasi dukungan unyuk Palestina memuat langkah yang akan diambil untuk membebaskan megara tersebut. Dengan begitu, deklarasi itu dapat menjadi acuan dan legitimasi bagi kalangan internasional untuk menyatakan Palestina berhak merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper