Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Museum Surabaya Diresmikan 1 Mei 2015

Pemerintah Kota Surabaya berencana meresmikan Museum Surabaya di gedung Siola Jalan Tunjungan pada 1 Mei 2015 bertepatan dengan momen Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-722.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 17 April 2015  |  19:25 WIB
Toko tersebut diberi nama Siola yang diambil dari nama-nama lima pengusaha Surabaya tersebut, di antaranya Soemitro, Ing Wibisono, Ong Liem dan Ang.  - Surabaya.panduanwisata.id
Toko tersebut diberi nama Siola yang diambil dari nama-nama lima pengusaha Surabaya tersebut, di antaranya Soemitro, Ing Wibisono, Ong Liem dan Ang. - Surabaya.panduanwisata.id

Kabar24.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya berencana meresmikan Museum Surabaya di gedung Siola Jalan Tunjungan pada 1 Mei 2015 bertepatan dengan momen Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-722.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan akan ada sekitar 100 lebih koleksi yang bakal dipamerkan di museum gagasan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Ada koleksi yang berasal dari sumbangan SKPD seperti seragam pemadam kebakaran hingga peralatan pemadam, juga meja-meja antik," katanya dalam rilis, Jumat (17/3/2015).

Dia menjelaskan pada lantai I gedung Siola akan ditempatkan koleksi barang-barang bersejarah dan pada lantai II dan lantai III akan digunakan sebagai kantor SKPD.

Sebagian barang-barang antik yang sudah dikumpulkan dan disimpan di Balai Kota Surabaya nantinya juga akan dipamerkan dalam museum itu.

Diketahui gedung Siola yang berusia ratusan tahun itu merupakan gedung yang pernah dibangun oleh orang Inggris dan dijadikan sebagai pusat pertokoan Hindia Belanda.

Pertokoan tersebut pun akhirnya tutup, dan diambil alih oleh pengusaha asal Jepang lalu bangkrut hingga dihidupkan kembali oleh lima pengusaha Surabaya pada 1960-an.

Toko tersebut diberi nama Siola yang diambil dari nama-nama lima pengusaha Surabaya tersebut, di antaranya Soemitro, Ing Wibisono, Ong Liem dan Ang. []


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Museum Surabaya
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top