Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Geger Otak, Kemampuan Otak Kanan Wanita Ini Meningkat Drastis

Kecelakaan yang berhubungan dengan kepala kemungkinan besar akan menyebabkan cidera pada otak dan sebagainya dengan kemungkinan terburuk hilang ingatan. Lalu bagaimana jika kecelakaan tersebut justru meningkatkan kemampuan otaknya?n
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 17 April 2015  |  11:45 WIB
Otak - boldsky.com
Otak - boldsky.com

Kabar24.com, JAKARTA -- Kecelakaan di bagian kepala kemungkinan besar menyebabkan cedera di otak kemungkinan terburuknya adalah hilang ingatan. Bagaimana jika kecelakaan tersebut justru meningkatkan kemampuan otak?

Seperti diberitakan Daily Mail, Jumat (17/4/2015), hal langka ini terjadi pada 50 kasus di dunia. Kondisi tersebut disebut acquired savant syndrome. Seorang yang mengidap sindrom ini menceritakan setelah kecelakaan di arena ski yang menyebabkan gegar otak ringan, dia memiliki kemampuan bermusik, matematika, dan artistik yang luar biasa.

Perempuan yang dirahasiakan identitasnya tersebut bahkan mampu mengingat persis setiap tempat yang pernah dikunjunginya dengan menggambar peta atau diagram masing-masing lokasi dan bangunan tersebut.

"Saya mengingat tempat, seperti membolak-balik halaman buku. Setiap tempat yang pernah saya kunjungi, namun secara khusus bangunannya," ujar perempuan yang tinggal di Amerika tersebut.

Hingga saat ini, penelitian penyebab sindrom langka tersebut masih berlangsung. Belum ada teori tunggal yang mampu menjelaskan kasus tersebut.

Namun, banyak peneliti pecaya penyebab sindorm tersebut terjadi ketika otak kanan mengompensasi cedera yang terjadi pada otak kiri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

geger otak
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top