Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kronologi KPK Tangkap Tangan Adriansyah Saat Kongres PDIP

Wakil Ketua KPK sementara Johan Budi mengatakan timnya telah mencokok tiga orang dalam operasi tangkap tangan pada Kamis (9/4/2015).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 April 2015  |  13:23 WIB
Plt Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, memberikan penjelasan mengenai kelanjutan proses Hukum mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA), saat jumpa pers, di gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/4). - Antara
Plt Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, memberikan penjelasan mengenai kelanjutan proses Hukum mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA), saat jumpa pers, di gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/4). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Wakil Ketua KPK sementara Johan Budi mengatakan timnya telah mencokok tiga orang dalam operasi tangkap tangan pada Kamis (9/4/2015).

"Setelah sejenak KPK tidak speed up, maka sekarang waktunya KPK untuk kembali speed up," ujar Johan di kantornya, Jumat (10/4/2015).

Tiga orang yang terjaring dalam operasi tangkap tangan lembaga antirasuah yakni politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Adriansyah, pengusaha Andrew H, dan perantara suap Agung Kusniadi.

Menurut Johan, timnya menangkap Adriansyah dan Agung di salah satu hotel di Sanur, Bali, pada pukul 18.45 WITA. Adriansyah merupakan bekas Bupati Tanah Laut yang sekarang menjabat anggota Komisi IV DPR itu. Adriansyah di Bali untuk mengikuti kongres PDIP. Dia merupakan Ketua PDIP Kalimantan Selatan.

"Keduanya saat itu diduga melakukan transaksi," ujar Johan.

Di lokasi penangkapan, penyidik menemukan duit dalam bentuk dolar Singapura dan rupiah.

 "Jumlah persisnya tentu masih belum dapat dari penyidik."

Meski Adriansyah menghadiri kongres PDIP, transaksi dugaan suap ini terkait pemberian izin di sebuah lokasi di Kalimantan.

"Terkait SIUP," kata Johan.

Satu jam setelah penangkapan Adriansyah dan Agung atau tepatnya pukul 18.49 WIB, Johan mengatakan penyidik menangkap Andrew H. di salah satu kawasan hotel di Senayan, Jakarta.

Andrew pun langsung digelandang ke KPK. Sedangkan Agung dan Adriansyah tiba di gedung komisi antirasuah sekitar pukul 10.30 WIB.

"Saat ini ketiganya dilakukan pemeriksaan secara intensif," ujarnya.

Menurut Johan, status ketiganya masih terperiksa. KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menaikkan status mereka ke tingkat penyidikan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpk Kongres PDIP

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top