Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Samarinda Berencana Beli Mobil Penyedot Debu

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang menyatakan niatnya untuk membeli dua unit mobil kebersihan yang berfungsi sebagai menyapu dan penyedot debu. Mobil tersebut bakal difungsikan di jalan-jalan protokal Kota Samarinda.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 06 April 2015  |  15:09 WIB
Ilustrasi: Mobil penyapu debu - JIBI/Chrisna Canis Cara
Ilustrasi: Mobil penyapu debu - JIBI/Chrisna Canis Cara

Kabar24.com, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang menyatakan niatnya untuk membeli dua unit mobil kebersihan yang berfungsi sebagai menyapu dan penyedot debu. Mobil tersebut bakal difungsikan di jalan-jalan protokal Kota Samarinda.

Jaang mengungkapkan pembelian ini dilakukan sebagai upaya mendukung kebersihan jalan protokol yang ada di Kota Samarinda. Sebab saat ini, tenaga kerja kebersihan yang dimiliki Pemkot terbatas, sementara memasuki musim kemarau, ancaman jalan kotor semakin meningkat.

“Nantinya akan ada sistem lelang melalui Unit Layanan Pengadaan [ULP] Kota Samarinda karena nilainya [nilai lelangnya] cukup besar,” katanya dalam siaran media, Senin (6/4/2015).

Jaang menilai pemakaian kendaraan penyapu dan penyedot debu lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan tenaga kerja biasa.

“Kami memang memiliki penyapu jalan, tetapi tenaga mereka kan terbatas, sedangkan kalau mesin itu dapat di pakai terus menerus,” sebutnya.

Selain itu, tambahnya, produsen juga memberikan jaminan pemeliharaan kendaraan tersebut selama dua tahun. Artinya, tegasnya, pemerintah hanya perlu menyediakan operator dan bayar bahan bakarnya.

“Sedangkan untuk servis dan perlengkapan akan disediakan oleh perusahaan [produsen] kendaraan tersebut,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samarinda
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top