Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perizinan Usaha Mikro Dipermudah

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berupaya memangkas perizinan di sektor usaha mikro guna mendorong pertumbuhan pengusaha baru.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 02 April 2015  |  15:48 WIB
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berupaya memangkas perizinan di sektor usaha mikro guna mendorong pertumbuhan pengusaha baru. - JIBI
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berupaya memangkas perizinan di sektor usaha mikro guna mendorong pertumbuhan pengusaha baru. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berupaya memangkas perizinan di sektor usaha mikro guna mendorong pertumbuhan pengusaha baru.

Agus Muharam, Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, mengatakan saat ini proses perizinan untuk usaha mikro dapat dilakukan secara lebih ringkas dan tanpa biaya.

“Tinggal datang ke kantor kecamatan, gratis,” katanya di sela Pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Kamis (4/2/2015).

Selain kemudahan dari sisi perizinan, upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan wirausahawan adalah dengan memberikan keleluasaan dalam mengurus hak cipta. Saat ini, lanjutnya, hak cipta dapat diproses dalam jangka waktu satu hari dan dapat dilakukan secara online.

Menurut Agus, saat ini jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai sekitar 1,56% dari total penduduk. Pemerintah berharap mampu meningkatkan jumlah pengusaha menjadi 2,5% dalam beberapa tahun mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipmi usaha mikro
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top