Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Basarnas Akan Jadi Lembaga Terbuka

Badan SAR Nasional (Basarnas) akan diubah menjadi lembaga yang terbuka. Tujuannya, agar bisa mengutamakan keterlibatan kemampuan potensi masyarakat dalam penanganan bencana alam di tanah air.

Bisnis.com, JAKARTA—Badan SAR Nasional (Basarnas) akan diubah menjadi lembaga yang terbuka. Tujuannya, agar bisa mengutamakan keterlibatan kemampuan potensi masyarakat dalam penanganan bencana alam di tanah air.

"Basarnas akan kita jadikan open institution. Basarnas tidak eksklusif  yang  hanya diisi PNS dan TNI/ Polri, tetapi rakyat yang memiliki kemampuan bisa bergabung,"  ungkap Kepala Basarnas Marsdya TNI FHB Soelityo.

Menurut Soelistyo, nantinya masyarakat yang memiliki potensi tersebut akan  dididik di Basarnas, agar memiliki kemampuan dalam hal pencarian dan pertolongan yang  sesuasi standar. "Seperti offroader. Mereka memiliki kemampuan mengendarai di medan  yang ekstrim. Nah kemampuan mereka ini kita bina dan manfaatkan untuk operasi pertolongan," jelasnya. 

Dengan langkah tersebut, katanya, Basarnas nantinya dibikin ramping, sehingga lebih efisien, dan hanya sebagai kordinator dan memonitor kegiatan pencarian dan pertolongan.

"Kita akan membangun command center yang besar. Di sini kita kita bisa mengkordinasi dan memonitor operasi SAR," tambah Soelistyo.

Soelistyo menambahkan, Basarnas tidak mungkin bisa bekerja sendiri tanpa peran serta masyarakat " Seperti dalam kerjasama dengan lembaga - lembaga sekarang ini yaitu BMKG, BPPT, ORARI, IOF, Federasi  FPI dan Metro TV  . Mereka memiliki potensi yang perlu kita manfaatkan untuk operasi SAR," papar dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper