Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musim Penghujan Kebakaran Tetap Mengintai, Waspadalah!

Meski memasuki musim hujan, masyarakat hendaknya tetap mewaspadai adanya kebakaran yang bisa menyerang kapan saja dan di mana saja.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 18 Februari 2015  |  18:52 WIB
Potensi kebakaran saat musim kemarau memang sangat tinggi, tapi saat musim hujan pun masih ada kejadian, jadi masyarakat diimbau jangan lengah. - Ilustrasi Kebakaran/Bisnis
Potensi kebakaran saat musim kemarau memang sangat tinggi, tapi saat musim hujan pun masih ada kejadian, jadi masyarakat diimbau jangan lengah. - Ilustrasi Kebakaran/Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA – Meski memasuki musim penghujan, masyarakat hendaknya tetap mewaspadai adanya kebakaran yang bisa menyerang kapan saja dan di mana saja.

Di Kota Surabaya, tercatat angka peristiwa kebakaran mencapai 1-20 kejadian per bulan sepanjang musim hujan ini. Jumlah tersebut memang terbilang rendah dibandingkan peristiwa saat musim kemarau.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Chandra Ratna Maria Oratmangun mengatakan pada musim kemarau rata-rata peristiwa kebakaran terjadi mencapai 90-100 kejadian per bulannya.

“Potensi kebakaran saat musim kemarau memang sangat tinggi, tapi saat musim hujan pun masih ada kejadian, jadi masyarakat jangan lengah,” katanya Rabu (18/2/2015).

Dia memaparkan kebekaran bisa terjadi saat musim hujan bisa disebabkan oleh petir, arus pendek listrik, juga lilin untuk penerangan akibat pemadaman listrik.

Sebagai upaya mengantisipasi kebakaran, Dinas Kebakaran Kota Surabaya telah menyiapkan  mobil sky lift yang mampu menjangkau gedung-gedung hingga setinggi 55 meter atau sekitar 10-12 lantai untuk memudahkan proses evakuasi korban ketika terjadi kebakaran di gedung.

Sky lift nanti juga akan kami pakai untuk simulasi saat peringatan Hari Pemadam Kebakaran Nasional pada 1 Maret,” imbuh Chandra.

Dia menambahkan simulasi dalam peringatan tersebut akan dilakukan di Taman Surya Surabaya dengan mengerahkan 100 personel gabungan dari Dinas Kebakaran, Bakesbang Linmas, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya kebakaran
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top