Neil Armstrong Ternyata Simpan Benda dari Pendaratan di Bulan Selama 45 Tahun

Neil Armstrong Ternyata Simpan Benda dari Pendaratan di Bulan Selama 45 Tahun
News Editor
News Editor - Bisnis.com 11 Februari 2015  |  12:55 WIB
Neil Armstrong Ternyata Simpan Benda dari Pendaratan di Bulan Selama 45 Tahun
Ilustrasi - wikimedia

Kaba24.com, JAKARTA - Benda harta karun yang seharusnya ditinggalkan setelah pendaratan pertama ke bulan ditemukan berada di lemari Neil Armstrong, orang pertama yang menginjak permukaan bulan, menurut Smithsonian Institution.

Armstrong meninggal dunia pada Agustus 2012 dan istrinya, Carol, menemukan benda dari pendaratan bulan tahun 1969 itu saat membersihkan salah satu lemari di rumahnya di Cincinnati menurut Allan Needell, kurator sejarah antariksa di National Air and Space Museum dalam tulisan terkini dalam blog.

Di antara benda-benda yang ditemukan ada kamera yang dipasang di jendela modul bulan Eagle untuk merekam pendaratan dan ikat pinggang.

Armstrong menggunakan salah satu ikat pinggang untuk mendukung kakinya selama waktu istirahat di bulan, kata Needell.
 
Benda-benda itu tersimpan dalam kantung penyimpan putih yang disebut McDivitt Purse, yang digunakan di Eagle untuk menyimpan barang-barang.

"Bagi kurator koleksi artefak antariksa, sangat sulit membayangkan apapun yang lebih menarik," tulis Needell seperti dilansir kantor berita Reuters.

Benda-benda itu dimaksudkan untuk ditinggalkan di bulan tapi dibawa kembali ke Bumi. Needell mengatakan sejauh yang dia tahu Armstrong tidak pernah mendiskusikannya dan tidak ada yang pernah melihatnya dalam 45 tahun setelah dia kembali ke Bumi.

Menurut transkrip misi, Armstrong menggambarkan benda-benda itu kepada astronot Michael Collins, yang tinggal di pesawat komando yang mengorbit di sekitar bulan, sebagai "hanya sekumpulan sampah yang ingin kami bawa pulang, bagian-bagian LM, barang loakan,..."

Kamera dan ikat pinggang yang digunakan Armstrong selama waktu istirahatnya merupakan bagian dari benda yang secara temporer dipamerkan di National Air and Space Museum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulan

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup