Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perebutan Ketua Umum PAN: Ini Bukti Kuatnya Pengaruh Amien Rais

Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Dradjad Wibowo meminta izin kepada Amien Rais, yang merupakan pendiri partai tersebut, untuk mendukung Hatta Rajasa sebagai calon Ketua Umum PAN periode 2015-2010.
Amien Rais/Jibiphoto
Amien Rais/Jibiphoto

Kabar24.com, MANADO - Amien Rais di kalangan politisi Partai Amanat Nasional merupakan figur penting dan dihormati.

Terkait perebutan Ketua Umum PAN, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Dradjad Wibowo meminta izin kepada  Amien Rais, yang merupakan pendiri partai tersebut, untuk mendukung Hatta Rajasa sebagai calon Ketua Umum PAN periode 2015-2010.

"Saya dulu pernah menjadi kompetitor Pak Hatta Rajasa pada Kongres PAN di Batam tahun 2010," katanya pada deklarasi dukungan DPW dan DPD PAN se-Indonesia bagian timur kepada Hatta, di Manado, Minggu malam.

Pada Kongres PAN di Batam tersebut, Hatta Radjasa terpilih sebagai ketua umum serta Dradjad Wibowo dipilih Hatta menjadi wakil ketua umum.

Menurut Dradjad, kalau seorang kompetitor kemudian berbalik jadi mendukung, itu menunjukkan bahwa Hatta adalah yang luar biasa.

Ia menilai, kepemimpinan Hatta selama lima tahun pada 2010-2015 memberikan kemajuan signifikan terhadap PAN, pada saat partai-partai politik anggota koalisi pendukung pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lainnya mengalami kemunduran.

Saat Hatta memimpin, lanjutnya, PAN mengalami kenaikan perolehan suara dari sekitar 6% menjadi 7,6% dan mengalami peningkatan perolehan kursi parlemen dari 46 menjadi 48 kursi.

Hatta juga dinilai menjadi juru damai dari kebuntuan politik nasional antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Menurut dia, Hatta adalah figur politisi yang menempatkan lawan sebagai kawan, sehingga dirinya selalu disegani kawan dan lawan.

"Dengan prestasi tersebut, adalah wajar jika para kader meminta kepada Hatta Rajasa untuk melanjutkannya kepemimpinannya selama lima tahun ke depan," katanya.

Dradjad menambahkan, dirinya sudah berbicara langsung untuk meminta kesediaan Hatta melanjutkan memimpin PAN dan dia bersedia.

Namun, untuk mendukung Hatta, ia menyatakan, dirinya meminta izin terlebih dahulu kepada pendiri PAN yang dianggap sebagai guru politiknya yakni Amien Rais.

Dengan adanya izin dari Amien tersebut, Dradjad kemudian menyatakan dukungannya secara terbuka untuk Hatta.

Bahkan, Dradjad akan berusaha untuk melobi kader lainnya yang memiliki hak suara yang belum mendukung Hatta Rajasa untuk mendukungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper