Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUDI GUNAWAN BATAL KAPOLRI: Momentum Jokowi Lepaskan Diri dari Kekangan PDIP

Polemik pencalonan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai kapolri berdampak pada regangnya hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PDIP.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 05 Februari 2015  |  11:21 WIB
BUDI GUNAWAN BATAL KAPOLRI: Momentum Jokowi Lepaskan Diri dari Kekangan PDIP
Presiden Joko Widodo bertemu sukarelawan Bara JP di Lanud TNI AU Soewondo Medan, Selasa (27/1/2015). Presiden melakukan groundbreaking proyek infrastruktur di Kabupaten Batubara. - JIBI/Akhirul Anwar

Kabar24.com, JAKARTA— Polemik pencalonan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai kapolri berdampak pada regangnya hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PDIP.

Jokowi kini dibelit dilema, bila menuruti keinginan rakyat yang tak menghendaki BG sebagai  kapolri, maka menimbulkan friksi dengan PDIP dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang mendukung pencalonan BG sebagai kapolri.

SIMAK: BUDI GUNAWAN BATAL KAPOLRI: PDIP Partai Feodal

Terlebih, Komjen BG adalah mantan ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjadi Presiden. Sebaliknya, bila Jokowi memenuhi keinginan PDIP, maka kepercayaan massa pendukungnya pun luntur.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengatakan keputusan mengenai pembatalan pencalonan Budi Gunawan sebagai kapolri bisa menjadi momentum bagi Presiden untuk melepaskan diri dari kekangan partai.

Kabar pembatalan Komjen Budi Gunawan sebagai kapolri beredar setelah informasi itu disampaikan anggota Tim Sembilan, Syafii Maarif.

"Bila pencalonan Budi Gunawan dibatalkan, itu mengindikasikan hubungan Presiden Jokowi dengan partai pengusungnya merenggang. Namun, di sisi lain, itu menunjukkan kepercayaan diri Presiden Jokowi meningkat," tuturnya seperti dilansir Antara, Rabu (4/2/2015).

Firman mengatakan Presiden Jokowi tampaknya lebih nyaman untuk membangun citra yang baik di mata publik daripada di mata partai politik pengusungnya. Itu merupakan hal yang wajar karena di dunia politik relawan dan massa lebih memiliki kekuatan daripada partai politik.

BACA JUGA:

Tolak Menikah, Nicole Campakkan Juara Dunia F1 Lewis Hamilton

Inilah Foto Anak Kedua Shakira-Gerard Pique

Ini yang Membuat Asam Lambung Anda Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komjen budi gunawan
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top