Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI AUSTRALIA: Inflasi Naik, Bank Sentra Tak Pangkas Suku Bunga

Inflasi Australia dilaporkan naik pada kuartal terakhir tahun lalu, memberi ruang bernapas bagi bank sentral untuk tidak terdesak memangkas suku bunga.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 28 Januari 2015  |  11:50 WIB
The Reserve Bank of Australia (RBA) adalah bank sentral Australia, dengan fungsi dan kekuasaan berlandaskan pada Reserve Bank Act 1959.  - Bisnis.com
The Reserve Bank of Australia (RBA) adalah bank sentral Australia, dengan fungsi dan kekuasaan berlandaskan pada Reserve Bank Act 1959. - Bisnis.com

Bisnis.com, SYDNEY – Inflasi Australia dilaporkan naik pada kuartal terakhir tahun lalu, memberi ruang bernapas bagi bank sentral untuk tidak terdesak memangkas suku bunga.

Biro Statistik melaporkan indeks harga konsumen inti naik 0,7% (quarter-to-quarter) pada kuartal IV/2014 lalu, setelah naik 0,3% (q-o-q) pada kuartal sebelumnya, sekaligus lebih tinggi dari median survei Bloomberg yaitu kenaikan 0,5%.

“Australia berbeda dengan negara lain di dunia. Zona euro terus merasa tertekan dengan ancaman deflasi. Inflasi Amerika Serikat masih di bawah target The Fed, tetapi di Australia inflasi di tingkat itu telah sesuai ekspektasi bank sentral,” ungkap ekonom Commonwealth Bank of Australia, Savanth Sebastian di Sydney, Rabu (28/1/2015).

Data menunjukkan inflasi barang-barang yang tidak diimpor seperti makanan cepat saji dan sejumlah peralatan rumah tangga naik 2,3% pada kuartal IV/2014 dari periode sama tahun sebelumnya.

Di saat yang sama, inflasi barang-barang yang diperdagangkan seperti barang elektronik dan pakaian yang diimpor baik 0,7%. Adapun, inflasi perjalanan dan akomodasi naik 5,8% dan inflasi perumahan naik 1,1%. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

australia

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top