Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentan Minta Produksi Padi Sumbar Naik 20%

Kementerian Pertanian mendorong peningkatan produksi padi di Sumatra Barat mencapai 20% tahun depan, untuk mempercepat target pemerintah mengejar swasembada pangan.

Bisnis.com, PADANG—Kementerian Pertanian mendorong peningkatan produksi padi di Sumatra Barat mencapai 20% tahun depan, untuk mempercepat target pemerintah mengejar swasembada pangan.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta pemerintah daerah setempat meningkatkan produksi padi untuk mengejar target nasional, dengan injeksi peralatan produktif dari pemerintah.

“Kami sumbang langsung optimalisasi irigasi 4.747 hektar, pupuk dan benih gratis, dan alsintan [alat dan mesin pertanian] kepada petani di Sumbar,” katanya saat berdialog dengan Gubernur Sumbar di Padang, Kamis (11/12).

Bantuan alat yang diberikan untuk mendongkrak produksi pertanian itu adalah tambahan 653 unit hand tractor dan 274 unit pompa. 

Jika berhasil, mentan menjanjikan tambahan optimalisasi irigasi 53.000 ha sawah pada Januari 2015 di Sumbar.

Dengan bantuan itu, Amran menargetkan Sumbar mampu menambah produksi padinya sebesar 500.000 ton atau naik 20% menjadi 3 juta ton tahun depan dari tahun ini yang mencapai 2,49 juta ton.

Dia menyebutkan pemerintah mendorong peningkatan produksi dengan pengalihan subsidi BBM senilai Rp15 triliun untuk pengadaan alat-alat produktif di sektor pertanian kepada petani di daerah.

Upaya mengejar swasembada beras, Amran menargetkan pemerintah menyelesaikan perbaikan irigasi 3 juta hektar lahan sawah dalam tiga tahun dengan pelaksaan satu juta hektar per tahun, sehingga produktifitas petani terbantu.

Selain itu, dalam tiga minggu terakhir ini dia mengaku sudah menyiapkan 7.800 traktor tangan yang akan diserahkan kepada petani.

Targetnya pada 2017 peningkatan produksi besar nasional mengalami kenaikan sebesar 5,7 juta ton dari saat ini yang baru mencapai 70 juta ton.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyanggupi tantangan produksi padi yang ditawarkan pemerintah untuk daerahnya. Apalagi sejak 2012, menurutnya Sumbar sudah mampu mencapai swasembada beras.

“Tahun ini kami sudah surplus 800.000 ton, yang disuplai ke provinsi tetangga, Riau, Jambi, dan Kepri,” katanya.

Irwan optimistis target yang dipatok pemerintah bisa tercapai mengingat produksi padi Sumbar mencapai 2,49 juta ton tahun ini, dengan luas lahan mencapai 400.000 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper