Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tina Tjintawati: Mencari Keseimbangan dengan Berkebun dan Traveling

Mengimbangi pekerjaannya yang padat, wanita yang telah berkecimpung di dunia perbankan selama 23 tahun ini menjadikan berkebun dan vakansi sebagai 2 aktivitas utama di waktu luangnya.
Division Head Corporate Communication PT Bank OCBC NISP Tbk Tina Tjintawati. / repro
Division Head Corporate Communication PT Bank OCBC NISP Tbk Tina Tjintawati. / repro

Bisnis.com, JAKARTA--Mengimbangi pekerjaannya yang padat, wanita yang telah berkecimpung di dunia perbankan selama 23 tahun ini menjadikan berkebun dan vakansi sebagai 2 aktivitas utama di waktu luangnya.

Balance itu penting. Nah, berkebun membuat saya relaks dan senang ketika melihat koleksi tanaman saya tumbuh,” ujar Tina Tjintawati yang kini menjabat sebagai Division Head Corporate Communication PT Bank OCBC NISP Tbk.

Tina yang telah 8 tahun bergabung di Bank OCBC NISP tersebut, mengaku jatuh hati dengan jenis tanaman hias Aglaonema. MenurutTina, yang membuatnya menyukai tanaman hias kelas Angiospermae itu, karena warna daun yang beragam mulai dari merah, kuning, hingga pink.

“Saya sampai mengelap tiap daunnya,” tutur Tina menggambarkan kecintaannya pada Aglaonema.

Setelah selama 8 tahun mengoleksi Aglaonema, Tina menceritakan dia telah memiliki sekitar 20 jenis  tanaman hias tersebut. Adapun Aglaonema merupakan tanaman yang tumbuh dengan baik pada kawasan dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembapan tinggi. Mengetahui hakikat tersebut, Tina menuturkan dirinya cukup hati-hati menempatkan Aglaonema agar tak terkena sinar matahari langsung.

Tina menambahkan, tanaman hias yang juga dikenal dengan Sri Rejeki ini, tak boleh terkena air secara langsung. Sehingga untuk penyiramannya, perlu disemprot.

Selain Aglaonema, Tina yang sempat meniti karir selama 15 tahun di Bank Niaga tersebut, juga mengoleksi Adenium dan Anggrek. Meski jumlahnya tak sebanyak Aglaonema, tapi Tina mengungkapkan kedua jenis bunga itu juga bertengger manis di kebunnya.

"Saya juga pakai tanaman untuk menghias interior rumah,” tutur Tina.

Selain berkebun, vakansi juga menjadi alternatif lain pilihan Tina untuk menikmati waktu luangnya. “Setahun biasanya 2 kali ke tempat-tempat dengan pemandangan dan budaya yang eksotik,” jelas Tina.

Tina menuturkan, negara yang sukses mencuri hatinya yaitu Jepang, Turki,  Morroco  dan Italia. Menurutnya, Jepang sangat menarik karena budayanya. Sementara, Turki memiliki banyak peninggalan sejarah Islam dan Romawi yang menyatu dengan indah. Morocco merupakan negara berkebudayaan Islam yang indah di Afrika Utara dengan kota-kota tuanya seperti Marakesh yang eksotik. Adapun Italia, menurut Tina, menyuguhkan kota-kota romantis yang menawan hati seperti Verona.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper