Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPD RI Apresiasi Penyelesaian Batas Wilayah di Sulut

Komite I DPD-RI yang dipimpin Wakil Ketua Benny Ramdhani mengapresiasi penyelesaian batas wilayah antar kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Bisnis.com, MANADO—Komite I DPD-RI yang dipimpin Wakil Ketua Benny Ramdhani mengapresiasi penyelesaian batas wilayah antar kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Hal itu disampaikan senator asal Riau Intsiawati Ayus dan senator asal Sulawesi Selatan (Sulsel) A.M. Iqbal Parewangi dalam kunjungannya ke Pemprov Sulut.

Keduanya mempertanyakan kiat-kiat apa yang dilakukan Pemprov Sulut dalam menyelesaikan batas wilayah antarkabupaten/kota di Sulut. Hal itu berbeda dengan daerah mereka, untuk menyelesaikan masalah tersebut dianggap masih sangat sulit.

Menjawab pertanyaan dua senator tersebut, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut Lynda Watania menyebutkan tuntasnya masalah penyelesaian batas daerah di kabupaten/kota semua itu tak lepas dari kerja keras dan perhatian serius dari Gubernur Sinyo Harry Sarundajang dan Wagub Djouhari Kansil.

Dengan berbagai upaya persuasif di setiap kesempatan, keduanya selalu mengingatkan para bupati/wali kota untuk segera menuntaskan penyelesaian batas yang ada, sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan bisa memiliki kepastian hukum.

“Apabila penyelesaian batas tersebut berlarut, maka yang dirugikan adalah masyarakat,” tuturnya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Sulut, Minggu (16/11/2014).

Dari 18 segmen batas daerah yang ada di provinsi tersebut, pihaknya telah berhasil menuntaskan enam segmen batas yang sudah memiliki Permendagri.

Kemudian, enam segmen telah berproses untuk pembuatan Permendagri serta tiga segmen batas sementara dalam penyusunan draf Permendagri.

Dia menjelaskan enam segmen batas yang sudah memiliki Permendagri tersebut, yaitu Minahasa Selatan (Minsel) dengan Minahasa Tenggara (Mitra), Minahasa Utara (Minut) dengan Minahasa, Manado dengan Minahasa, Bolaang Mongondow (Bolmong) dengan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dengan Bolmut, serta Minahasa dengan Minut.

Dia menambahkan saat ini tinggal tersisa tiga segmen batas yang akan dituntaskan pada akhir tahun ini yaitu Bolmong-Bolsel, Minsel- Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dan Minahasa-Tomohon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper