Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Red Hat & Wipro Perkuat Aliansi Layanan Komputasi Awan

Perusahaan blasteran multinasional Wipro (Western India Products) Ltd (NYSE: WIT) ikat aliansi dengan vendor solusi perangkat lunak open source global Red Hat, Inc (NYSE RHT) untuk meningkatkan implementasi solusi open hybrid cloud alias layanan komputasi awan berbasis hibrida.Wirp
Bisnis.com,JAKARTA -- Perusahaan blasteran multinasional Wipro (Western India Products) Ltd (NYSE: WIT) ikat aliansi dengan vendor solusi perangkat lunak open source global Red Hat, Inc (NYSE RHT) untuk meningkatkan implementasi solusi open hybrid cloud alias layanan komputasi awan berbasis hibrida.
 
Teknisnya, kedua vendor ini akan bekerjasama dalam pengembangan solusi komputasi awan kelas enterprise serta solusi DevOps untuk integrasi dan testing berkesinambungan.
 
Untuk diketahui, hubungan keduanya telah terjalin sejak 2006 saat Wipro berfokus pada adopsi dan akuisisi pelanggan dalam implementasi Red Hat Enterprise Linux. Pada 2010, keduanya kembali berkolaborasi dengan Wipro sebagai rekan primer Red Hat dalam integrasi sistem global.
 
Dengan ekspansi sekaligus aliansi kali ini, solusi infrastruktur open source (sumber bebas) Wipro kini melingkupi Red Hat Enterprise Linux, Red Hat Enterprise Virtualization, Red Hat Satellite, Red Hat CloudForms, Red Hat Enterprise Linux OpenStack Platform, dan OpenShift.
 
Untuk mendukung adopsi global terhadap OpenStack dan Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Red Hat dan Wipro kembali menghadirkan solusi komputasi awan privat, publik, dan berjenis hibrida kepada konsumen enterprise dan telekomunikasi. Setelah pelbagai penelitian yang dilakukan secara terpisah, keduanya kini mengombinasikan usaha dan pengetahuan yang dimiliki seputar konfigurasi, pemasangan, serta pengelolaan private cloud OpenStack.
 
Sebagai bagian dari kolaborasi dalam hal solusi, Wipro meluncurkan lingkungan Linux Enterprise Red Hat OpenStack Platform yang siap untuk didemonstrasikan di Center of Excellence (CoE) miliknya di kampus Bangalore, tempat para perusahaan memamerkan solusi cloud mereka dengan cara yang lebih kuat, tangkas, dan beragam.
 
Open Source Practice Wipro akan merancang strategi cloud dan pemasaran bersama untuk klien-klien mereka. Wipro juga akan menerima pelatihan teknis dan akreditasi untuk open source melalui program Red Hat Online Partner Enablement (OPEN) untuk dapat menggunakan Platform OpenStack Linux Enterprise Red Hat, Red Hat CloudForms (solusi manajemen hybrid cloud Red Hat) dan OpenShift (produk Platform-as-a-Service/PaaS) kenamaan Red Hat di Open Source Center of Excellence miliknya.
 
Dengan demikian, mitra Wipro yang berhasil menyelesaikan program akan memenuhi syarat sebagai sales specialist, sales engineer specialist, dan services delivery specialist yang terakreditasi, baik untuk IaaS maupun PaaS.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sanjey Maltya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper