Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Angkat Peringkat Kredit Vietnam

Lembaga peringkat kredit multinasional berbasis di New York, Fitch Ratings menaikkan level kredit Vietnam tiga tingkat, dilatarbelakangi oleh stabilitas makroekonomi negara tersebut yang kian membaik.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 03 November 2014  |  20:24 WIB
Fitch Angkat Peringkat Kredit Vietnam

Bisnis.com, HANOI – Lembaga peringkat kredit multinasional berbasis di New York, Fitch Ratings menaikkan level kredit Vietnam tiga tingkat, dilatarbelakangi oleh stabilitas makroekonomi negara tersebut yang kian membaik.

Fitch menaikkan utang mata uang lokal dan asing Vietnam menjadi BB- dari sebelumnya B+ dan meningkatkan proyeksi dari stabil menjadi positif. Sebelumnya, Standard & Poor’s dan Moody’s Investors Service juga menaikkan peringkat utang Vietnam.

“Kebijakan makroekonomi Vietnam telah menunjukkan kestabilan. Stabilisasi ekonomi makro berkontribusi mempersempit current account Vietnam dari 3,7% pada 2010 menjadi surplus 4,1% pada 2014, itu proyeksi kami,” ungkap laporan yang dirilis Fitch, Senin (3/11).

Perekonomian Vietnam tumbuh total 5,62% dalam sembilan bulan pertama tahun ini dari periode sama tahun sebelumnya. Sepanjang tahun ini, pemerintah telah dua kali memangkas suku bunga, demi mencapai terget pertumbuhan 5,8%. Adapun, tahun depan Vietnam menargetkan ekspasi 6,2%

Kebijakan suku bunga pun memberi dampak sesuai harapan, ditunjukkan dengan meredanya inflasi Oktober ke level 3,23% (yoy), terendah sepanjang tahun ini.

Analis bank for Investment & Development of Vietnam, Doc Ngoc Quynh menyampaikan bahwa naiknya peringkat kredit Vietnam akan mendorong kepercayaan investor, terutama investor asing untuk datang ke negara tersebut.

“Kenaikan rating ini juga akan memperkuat pasar lokal,” kata Ngoc merespons laporan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings ekonomi vietnam

Sumber : Bloomberg

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top