Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapal Selam U-Boat Jerman Semasa Perang Dunia II Ditemukan

Sebuah kapal selam U-boat milik Jerman semasa Perang Dunia II yang tenggelam, saat Perang Atlantik lebih dari 72 tahun lalu, berhasil ditemukan di lepas pantai North Carolina, AS.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 Oktober 2014  |  08:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Sebuah kapal selam U-boat milik Jerman semasa Perang Dunia II yang tenggelam, saat Perang Atlantik lebih dari 72 tahun lalu, berhasil ditemukan di lepas pantai North Carolina, AS.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, kapal dengan nomor lambung U-576 itu ditemukan di dasar Lautan Atlantik, atau 30 mil lepas pantai Cape Hatteras dan hanya beberapa ratus meter dari posisi bangkai kapal dagang AS Bluefields.

Kapal dagang itu merupakan salah satu dari armada yang bergerak dari Virginia menuju Key West, Florida pada 14 Juli 1942.

"Ini bukan merupakan penemuan satu bangkai kapal. Kami telah menemukan lokasi pertempuran penting yang merupakan bagian dari Perang Atlantik,” ujar Joe Hoyt, kepala ilmuan pada ekspedisi Office of Marine Sanctuaries sebagaimana dikutip CNN.com, Rabu (22/10/2014).

Dia menambahkan bahwa kedua kapal terletak tidak berjauhan sehingga membantu memudahkan penelitian, ujarnya.

Namun nasib kapal selam U-576 jauh lebih tragis dibadingkan kapal dagang tersebut. Kalau Bluefields tidak mengakibatkan korban saat tenggelam, namun seluruh dari 45 awak kapal U-boat tewas.

Kapal tersebut dikomandoi oleh Kapten Hans-Dieter Heinicke. Heinicke dilaporkan memberi tahu para komando lainnya di Prancis pada 13 Juli untuk menjelaskan bahwa kapalnya tengah rusak dan berupaya kembali ke Jerman.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman perang dunia ii

Sumber : www.CNN.Com

Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top