Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KISAH ANI YUDHOYONO: Lho, Ibu Jokowi Dan ibu Ahok Ke Mana Ya?

Ani Yudhoyono, wanita yang menjadi ibu negara selama 10 tahun, adalah isteri dari Presiden Bambang Susilo Yudhoyono. Sebagai Ibu Negara, peran yang harus dijalankan, tidak sedikit.

Bisnis.com, JAKARTA - Ani Yudhoyono, wanita yang menjadi ibu negara selama 10 tahun, adalah isteri dari Presiden Bambang Susilo Yudhoyono. Sebagai Ibu Negara, peran yang harus dijalankan, tidak sedikit.

Terutama terkait dengan anak-anak, putri Jenderal (purnawairawan) Sarwo Eddi (alm), begitu peduli. Apapun dilakukan, bahkan hingga ke Timor Leste. Sebagai wujud kecintaan dan kepedulian bersama kepada anak-anak di bidang pendidikan, Ibu Ani dan Ibu Negara Timor Leste Isabel da Costa Ferreira bekerjasama mewujudkan ide pembangunan Rumah Pintar Casa da Cidadania atau House of Citizenship.

Rumah Pintar yang berada di kawasan Istana Kepresidenan Timor Leste atau Palacio Presidencial Nicolau Lobato, diresmikan Selasa (26/8/2014) siang.  Ide implementasi Rumah Pintar sendiri tercuat setelah Ibu Isabel ikut menghadiri peresmian Rumah Pintar Cakra Cendikia di Cilodong, Depok, pada tahun 2013 lalu. Ibu Ani berharap agar Rumpin di Timor Leste ini juga dapat memperkuat jalinan persahabatan yang indah antara Indonesia dan Timor Leste.

"Hati-hati, jangan biarkan anak-anak mendapat konsumsi berita dan tingkah laku yang tidak pas. Tanggung jawab para orangtua untuk berhati-hati," pesan Ibu Ani, saat memberian sambutan Rakornas PAUD Indonesia 2013 di Istana Negara, Jakarta, 19/11/2013.  

Termasuk menanamkan kecintaan anak pada warisan budaya bangsa a.l. batik. "Batik merupakan salah satu warisan budaya dan ikon Indonesia yang paling mendunia. Kebanggaan terhadap batik tidak boleh sebatas perasaan bangga semata, tetapi harus diikuti dengan upaya pelestarian," ujarnya.

"Utamanya adalah bagaimana batik bisa diteruskan kepada generasi berikutnya," kata Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono pada peringatan Hari Batik Nasional, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (2/10/2014) pagi.

"Hari ini saya mengenakan Batik Sido Mulyo. Artinya berharap sang pemakainya mendapat kemuliaan," ujar Ibu Ani disambut tepuk tangan para undangan.

Ibu Ani kemudian mencontohkan pemakaian batik di keluarganya. "Cucu saya yang masih balita juga sudah sering menggunakan batik. Satu lembar batik bisa digunakan bertiga oleh ayahnya, ibunya, dan anaknya. Saya ingin menjadikan batik tidak hanya dipakai orang dewasa, tetapi juga bayi bisa menggunakannya. Batik makin hari makin melekat di hati kita," Ibu Ani menuturkan.

Namun, sosok Ibu Negara, tak lepas dari perhatian publik.  Suatu kali dalam istangram, dalam foto, terlihat cucu Ani Yudhoyono dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Airlangga Satriadhi Yudhoyono, yang sedang bermain piano mainan.  

Muncul  komentar yang tak terkait dengan foto dia dan  putra dari Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. Akun @zhafirapsp menulis, "Di saat rakyatnya yang sedang kebanjiran, Ibu Ani malah sibuk dengan akun instagramnya."

Lalu celotehan itu dijawab Ani, "Lho, Ibu Jokowi dan ibu Ahok ke mana ya? Koq saya yang dimarahi," tulisnya dalam foto Airlangga berjudul 'Do Re Mi Fa Sol La Si..... Do Re Mi Fa Sol La Ti..... Photo by Ani Yudhoyono F/4,5 . 1/100 . ISO 400. Lensa 18-200', yang dipublikasikan pada Selasa 14 Januari 2014.

Kemudian followers lain ikut berkomentar, "Ibu Ani juga manusia biasa yang memiliki hak untuk beraktivitas di luar tugas negara. Malah akan naif jika masyarakat diurus tetapi anak dan cucu malah terlantar. Foto ini bisa saja sebelum banjir melanda sudah diambil, dan harus berimbang jugalah," tulis @awanxbaia.

Tak lama kemudian, komentar tentang Ibu Ani dari @zhafirapsp itu hilang dari foto Airlangga tersebut.

Instagram Ani sebelumnya juga pernah heboh adanya sosok kepala seorang perempuan yang kemudian diketahui sebagai baby sitter Airlangga, Karsiyah. Pernah juga ramai terkait kebiasaan Ibas menggunakan baju lengan panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : presiden.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper