Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Profil Calon Pemimpin KPK yang Lolos Seleksi (I)

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menelurkan dua nama calon pimpinan KPK yang lolos penyaringan tahap terakhir yaitu tahap wawancara. Dua orang tersebut yakni Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata. Berikut profil dari M. Busyro Muqoddas.
Busyro Muqoddas/Antara
Busyro Muqoddas/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--‎Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menelurkan dua nama calon pimpinan KPK ‎yang lolos penyaringan tahap terakhir yaitu tahap wawancara.

Dua nama Calon Pimpinan KPK yang sebelumnya selalu dirahasiakan panitia seleksi KPK tersebut, kini sudah mulai dipublikasikan setelah berkas nama keduanya diserahkan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Ketua Panitia Seleksi KPK, Amir Syamsuddin.

Dua orang tersebut yakni Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata. Berikut profil dari M. Busyro Muqoddas.

Busyro merupakan Komisioner KPK. Lahir di Jogjakarta, 17 Juli 1952. Pria berusia 62 tahun ini adalah salah satu komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011 – 2014. Sebelum duduk sebagai salah satu komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi, ia merupakan ketua Komisi Yudisial di tahun 2010.

Sebelumnya, Busyro tercatat sebagai seorang akademisi di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta tempat ia menyelesaikan studi strata – 1 di tahun 1977. Sedangkan gelar master-nya diraih di Fakultas Hukum Universitas  Gadjah Mada di tahun 1995 dan gelar Doktornya di Universitas  Islam Indonesia.

Busyro mengawali karir di bidang hukum sebagai Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum UII di tahun 1983. Ia juga tercatat sebagai Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan serta LKBH Universitas Islam Indonesia tahun 1995-1998. Di tahun 2008 Busyro pernah mendapatkan penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA).

Busyro Muqoddas memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang hukum dilihat dari riwayat pekerjaan yang ditekuninya. Beliau sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang hukum.

Pengalaman beliau menjabat berbagai kedudukan strategis di Lembaga Negara sepeti Ketua Komisi Yudisial, Ketua KPK, dan Wakil Ketua KPK, serta kedudukan di bidang akademis seperti Wakil Dekan menunjukkan kualitas beliau dalam pengalamannya di bidang hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper