Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSIM KEMARAU: 86 Kabupaten di 20 Provinsi Dilanda Kekeringan

Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana melansir selama musim kemarau sedikitnya 86 kabupaten dan kota di 20 provinsi di Indonesia masih dilanda kekeringan.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana melansir selama musim kemarau sedikitnya 86 kabupaten dan kota di 20 provinsi di Indonesia masih dilanda kekeringan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dari 20 provinsi itu, Jawa Barat menjadi daerah dengan kabupaten dan kota yang paling banyak mengalami kekeringan.  Sementara di Provinsi Nusa Tengara Timur, jumlahnya mencapai 15 kabupaten dan kota dan Jawa Timur sebanyak 13 kabupaten dan kota, serta Nusa Tenggara Barat sebanyak 9 kabupaten dan kota.

Selanjutnya, terdapat 4 kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beberapa provinsi di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi yang dilanda kekeringan. “Upaya yang dilakukan dengan pengerahan bantuan beberapa tangki air, pompa air dan bantuan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan,” ujarnya, Rabu (15/10/2014).

Mengenai solusi untuk mengatasi kekeringan seperti dengan melakukan upaya menyeluruh dengan komitmen politik yang kuat di tingkat parlemen melalui pengusulan anggaran dari eksekutif.

“Misalnya pembangunan waduk, pengelolaan daerah aliran sungai serta konservasi tanah air dan lainnya yang menyentuh masyarakat langsung,” tambahnya.

Kekeringan ini, diperkirakan terus berlanjut berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi awal musim penghujan mulai Oktober hingga November 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper