Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mentan: Kemarau Belum Ancam Ketahanan Pangan

Kemarau yang saat ini melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia diklaim belum sampai mengancam ketahanan pangan nasional sehingga stok bahan pokok masih tersedia dengan harga terkendali.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Oktober 2014  |  12:55 WIB
Mentan: Kemarau Belum Ancam Ketahanan Pangan
/Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG--Kemarau yang saat ini melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia diklaim belum sampai mengancam ketahanan pangan nasional sehingga stok bahan pokok masih tersedia dengan harga terkendali.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan kemarau yang terjadi saat ini, menurut lapora dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), masih dalam kondisi normal dan merupakan siklus tahunan sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

“Memang sekarang terjadi kemarau, tapi belum mengkhawatirkan dan merupakan siklus tahunan yang selalu terjadi,” katanya, Selasa (14/10/2014).

Mentan menyebutkan sebelumnya ada kekhawatiran akan terjadi El Nino pada pertengahan tahun ini sehingga perlu melakukan antisipasi awal. “Tapi pada kenyataannya El Nino tidak terjadi,” katanya.

Menurutnya, akhir bulan Oktober atau awal November sejumlah daerah sudah akan turun hujan sehingga kemarau berkepanjangan yang bisa ganggu ketahanan pangan tak terjadi. Dia memperkirakan jika akhir Oktober sudah mulai hujan maka musim tanam akan bisa segera dimulai.

“Kalaupun kemarau masih terus berlanjut maka musim tanam akan sedikit mundur, namun tak ganggu ketahanan pangan,” katanya.

Suswono mengatakan dari laporan yang diterima tidak banyak lahan pertanian yang alami kekeringan.

“Jumlah lahan yang kering tidak lebih dari satu persen. Jadi, walaupun terjadi kekeringan di sejumlah daerah tapi aman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemarau ketahanan pangan

Sumber : Antara

Editor : Rachmad Subiyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top