Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentan: Kemarau Belum Ancam Ketahanan Pangan

Kemarau yang saat ini melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia diklaim belum sampai mengancam ketahanan pangan nasional sehingga stok bahan pokok masih tersedia dengan harga terkendali.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG--Kemarau yang saat ini melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia diklaim belum sampai mengancam ketahanan pangan nasional sehingga stok bahan pokok masih tersedia dengan harga terkendali.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan kemarau yang terjadi saat ini, menurut lapora dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), masih dalam kondisi normal dan merupakan siklus tahunan sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

“Memang sekarang terjadi kemarau, tapi belum mengkhawatirkan dan merupakan siklus tahunan yang selalu terjadi,” katanya, Selasa (14/10/2014).

Mentan menyebutkan sebelumnya ada kekhawatiran akan terjadi El Nino pada pertengahan tahun ini sehingga perlu melakukan antisipasi awal. “Tapi pada kenyataannya El Nino tidak terjadi,” katanya.

Menurutnya, akhir bulan Oktober atau awal November sejumlah daerah sudah akan turun hujan sehingga kemarau berkepanjangan yang bisa ganggu ketahanan pangan tak terjadi. Dia memperkirakan jika akhir Oktober sudah mulai hujan maka musim tanam akan bisa segera dimulai.

“Kalaupun kemarau masih terus berlanjut maka musim tanam akan sedikit mundur, namun tak ganggu ketahanan pangan,” katanya.

Suswono mengatakan dari laporan yang diterima tidak banyak lahan pertanian yang alami kekeringan.

“Jumlah lahan yang kering tidak lebih dari satu persen. Jadi, walaupun terjadi kekeringan di sejumlah daerah tapi aman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper