Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Rumah Sakit di Kalbar Naik Status Menjadi Tipe B

Dalam upaya menunjang pelayanan medis yang merata di setiap kabupaten di Kalimantan Barat, tiga rumah sakit daerah lain di Singkawang, Sintang, dan Ketapang akan naik menjadi rumah sakit berstatus tipe B.
/Pipereport.com
/Pipereport.com

Bisnis.com, PONTIANAK - Dalam upaya menunjang pelayanan medis yang merata di setiap kabupaten di Kalimantan Barat, tiga rumah sakit daerah lain di Singkawang, Sintang, dan Ketapang akan naik menjadi rumah sakit berstatus tipe B.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar mengatakan rumah sakit tipe B itu adalah rumah sakit rujukan regional bertujuan guna mengurangi beban dari RS Soedarso dalam mengantisipasi membludaknya pasien di rumah sakit tersebut.

"Tiga rumah sakit daerah itu tahun ini sudah mendapat dana tugas perbantuan senilai Rp20 miliar dari dana APBN yang akan mempersiapkan fasilitas dan fisik bangunan yang layak menjadi rumah sakit rujukan regional," katanya, belum lama ini.

Dia mengatakan rumah sakit itu akan terus dibantu pengadaan fasilitas alat-alat medis dengan syarat masing-masing rumah sakit mempersiapkan diri menjadi rumah sakit tipe B lebih serius lagi.

Sementara itu, menurutnya, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat tengah mempersiapkan RS Soedarso naik status menjadi Tipe A pada 2018 nanti sebagai rumah sakit rujukan nasional.

Andy Jap mengatakan Pemprov Kalbar dan Kementerian Kesehatan tengah menyusun road map mempersiapkan rumah sakit milik pemerintah daerah Kalbar itu supaya nantinya memiliki kelengkapan fasilitas dan tenaga medis spesialis seperti rumah sakit rujukan nasional lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper