Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskes Persiapkan RS Soedarso Menjadi Rumah Sakit Tipe A

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat tengah mempersiapkan RS Soedarso naik status menjadi Tipe A pada 2018 nanti sebagai rumah sakit rujukan nasional.
   Foto ilustrasi. /
Foto ilustrasi. /

Bisnis.com, PONTIANAK – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat tengah mempersiapkan RS Soedarso naik status menjadi Tipe A pada 2018 nanti sebagai rumah sakit rujukan nasional.

Kepala Diskes Provinsi Kalbar Andy Jap mengatakan Pemprov Kalbar dan Kementerian Kesehatan tengah menyusun road map mempersiapkan rumah sakit milik pemerintah daerah Kalbar itu supaya nantinya memiliki kelengkapan fasilitas dan tenaga medis spesialis seperti rumah sakit rujukan nasional lainnya.

“Road map itu sudah dimulai tahun ini. Semoga RS Soedarso, lima tahun ke depan menjadi tipe A, sepertinya sih pasti jadi sebagai rumah sakit rujukan nasional,” kata Andy Jap kepada Bisnis, Selasa (7/10/2014).

Menurutnya, dengan menjadi rumah sakit tipe A artinya rumah sakit tersebut memiliki pelayanan kesehatan dan tenaga medis spesialis dan sub spesialis yang lengkap dan belum pernah dimiliki satu pun rumah sakit di provinsi ini.

Andy memaparkan selain memiliki spesialis seperti penyakit anak, penyakit dalam, bedah dan kandungan juga memiliki spesialis anastesi, radiologi, rahapmedik, laboratorium, patologianatomi.

“Nanti setelah RS Soedarso menjadi tipe A akan ada spesialis THT(telinga, hidung dan tenggorokkan), saraf, jantung, penyakit jiwa, ortope, bedah forensik, bedah saraf, orologi, bedah plastik, kulit, dan paru-paru. Semua lengkap seperti dimiliki rumah sakit rujukan nasional yaitu RSCM,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan berstatus tipe A bakal banyak manfaat bagi masyarakat Kalbar. Salah satunya, katanya,  masyarakat Kalbar tidak perlu lagi berobat ke luar negeri terutama ke Serawak, Malaysia.

Keuntungan lainnya, dapat menguntungkan pendapatan daerah karena menarik masyarakat sesama dari pulau Kalimantan berobat ke Pontianak.

“Kami harapkan dapat mencegah pasien orang Kalbar berobat keluar negeri dan diharapkan warga satu pulau di kalimantan berobat ke Pontianak, karena kita punya jalan trans Kalimantan yang menghubungkan satu provinsi ke provinsi lainnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper