Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Cangkang Keong Mas Bisa Dimanfaatkan Untuk Pakan Ternak

Kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan cangkang keong mas sebagai campuran pakan ternak unggas.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, YOGYAKARTA--Kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan cangkang keong mas sebagai campuran pakan ternak unggas.

Keong emas yang merupakan hama bagi petani mengandung kalsium yang cukup banyak pada cangkangnya. “Kalsium merupakan unsur yang paling esensial dalam pembentukan kulit telur,” kata Rohmi Suryaningsih, Ketua Kelompok Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA UNY, Minggu (5/10/2014).

Pada sebutir telur, menurutnya, terdapat sekitar 2 gram kalsium. Kebutuhan unggas terhadap kalsium sangat tinggi sehingga diperlukan asupan kalsium yang cukup agar telur yang dihasilkan oleh unggas dapat berkembang dengan baik.

Pemanfaatan cangkang keong mas sebagai pakan ternak unggas itu dapat mengurangi limbah cangkang keong mas yang dagingnya telah dikonsumsi. Selain sebagai pelestarian lingkungan, tepung cangkang keong emas juga dapat meningkatkan kualitas telur pada ternak unggas.

Alat yang dibutuhkan adalah mesin penggiling cangkang keong mas, penumbuk, dan wadah plastik. Bahan yang diperlukan adalah cangkang keong mas yang diperoleh dari hama keong mas di persawahan desa.

"Mesin penggiling kami gunakan mesin yang berjenis dismil atau penghalus. Tahap pembuatan tepung cangkang keong mas diawali dengan menyiapkan keong mas yang akan diambil cangkangnya kemudian dipisahkan dari dagingnya," katanya.

Selanjutnya cangkang keong mas dibersihkan dari kotoran dan dikeringkan, kemudian ditumbuk dalam satu wadah dan digiling dengan mesin penggiling. Tepung cangkang keong emas tersebut dapat dicampurkan dalam pakan ternak yang ada sebagai penambah nutrisi pada unggas.

Keong mas di lahan pertanian mengganggu tanaman terutama tanaman padi dan menjadi musuh utama bagi para petani. Keberadaan keong mas dari tahun ke tahun semakin banyak karena kemampuan berkembang biak yang luar biasa.

Seekor keong emas betina mampu menghasilkan 15 kelompok telur dalam sekali siklus hidup yang berkisar antara 60-80 hari. Pertambahan populasi itu luar biasa karena seekor keong mas dewasa bisa menghasilkan 1.000-1.200 telur per bulan.

Ia mengatakan jika populasi keong mas itu semakin bertambah maka akan berakibat fatal bagi hasil pertanian terutama untuk tanaman padi. Selama ini, masyarakat hanya mengambil keong emas yang menjadi hama itu untuk dimanfaatkan dagingnya saja.

"Padahal cangkang keong mas tersebut mengandung kalsium. Karena itu, kami memanfaatkannya untuk campuran pakan ternak unggas sehingga dapat mengurangi biaya pengeluaran masyarakat untuk membeli pakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper