Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Semarang Minta Pelaku UMKM Siap Hadapi Pasar Bebas

Dinas Koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Semarang meminta pelaku bisnis UMKM untuk lebih siap dalam menghadapi pasar bebas Asean 2015.
  UMKM diminta siap hadapi MEA 2015. /
UMKM diminta siap hadapi MEA 2015. /

Bisnis.com, SEMARANG—Dinas Koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Semarang meminta pelaku bisnis UMKM untuk lebih siap dalam menghadapi pasar bebas Asean 2015.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Litani Satyawati mengatakan Kota Semarang memiliki produk berkualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Hal itu bisa dilihat dari pameran yang digelar oleh Pemkot selama ini.

Litani menyatakan pameran itu dilakukan guna meningkatkan peluang pasar UMKM Kota Semarang agar dikenal masyarakat.

“Ini juga untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Kita harus terus mendorong penggunaan produk-produk lokal agar menjadi pelaku pasar pada perdagangan bebas,” terangnya, Senin (22/9/2014).

Pada penyelenggaraan pameran yang baru-baru ini diselenggarakan, kata dia, Pemkot mengangkat tema Kenal, Cinta, Bangga dengan maksud untuk menanamkan rasa memiliki, mencintai dan bangga akan produk-produk lokal Kota Semarang.

Hal ini bukan tanpa alasan, sambung Litani, karena keberadaan produk UMKM di Kota Semarang bisa diandalkan dan telah dikenal oleh masyarakat luas.

Sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memaparkan data yang ada menunjukkan bahwa Kota Semarang memiliki potensi pertumbuhan UMKM yang sangat baik, rata-rata mencapai 2,38% per tahun dan jumlah UMKM pada 2013 mencapai 11.383 UMKM.

“Dari jumlah tersebut, perannya sungguh luar biasa, karena mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 17.756 orang,” ujarnya.

Beberapa produk unggulan Semarang yang kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk daerah lain, untuk skala kecil terdapat produk kerajinan batik, konfeksi, sepatu dan tas, termasuk makanan olahan, bandeng presto, wingko, lunpia, industri tahu dan tempe serta panggang ikan.

Sedangkan untuk skala besar, produk unggulan yang ada di antaranya industri logam, industri pakaian jadi, furniture, keramik (Sango dan Brilliant), industri jamu, industri makanan dan minuman dan industri rokok (Gentong gotri, Pusaka Hidup, Prau Layar dan Sampoerna).

“Sebagai bagian dari masyarakat Kota Semarang, kita patut bersyukur dan bangga karena Kota Semarang merupakan kota yang komplit. Kaya akan potensi alam, demografi dan memiliki potensi unggulan berupa industri-industri yang berkembang pesat dan banyak produk unggulan yang perlu terus dipromosikan,” paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper