Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RAKERNAS PDIP: Agenda Melenceng ke Pencalonan Megawati periode 2015-2020

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kembali diusulkan untuk menjabat Ketua Umum DPP PDIP periode 2015-2020.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 20 September 2014  |  14:30 WIB
RAKERNAS PDIP:  Agenda Melenceng ke Pencalonan Megawati periode 2015-2020
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG-- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kembali diusulkan untuk menjabat Ketua Umum DPP PDIP periode 2015-2020.

Usulan tersebut disampaikan seluruh Ketua DPD PDIP dari seluruh Indonesia dalam sidang pleno ketiga Rapat Kerja Nasional IV PDIP di Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (20/9/2014).

Penyampaian usulan diwakili etua DPD Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah, mewakili 32 Ketua DPD PDIP lainnya saat menyampaikan pendangan umumnya dihadapan Megawati dan Presiden RI terpilih RI Joko Widodo serta 1.590 peserta Rakernas.

Usulan rekomendasi Ibu Mega untuk menjadi Ketua Umum PDIP periode 2015-2020 yang akan ditetapkan pada kongres keempat mendatang (digelar April 2015) menjadi ketetapan pertama rakernas ini.

"Sudah ketuk palu dan mengikat,"  kata Sekretaris Steering Committee Rakernas IV PDIP Perjuangan Ahmad Basarah saat jumpa pers, Sabtu (20/9/2014) seperti dikutip Antara.

Menurut Basarah, usulan tersebut cukup mengejutkan Megawati dan jajaran DPP PDIP karena di luar skenario agenda Rakernas. Ia pun menggambarkan kondisi pada sidang pleno yang tertutup untuk wartawan itu bahwa Megawati sampai menitikkan air mata saat diminta memberikan respon atas permohonan seluruh Ketua DPD PDIP.

Megawati juga sempat mengingatkan bahwa usianya sudah menginjak 67 tahun. Akan tetapi, Megawati akhirnya menyatakan kesediaannya.

"Ibu Mega merasa kaget, terkejut dan surprise dengan usulan yang tiba-tiba muncul dalam rakernas. Tapi beliau sangat memahami usulan yang disampaikan, dilakukan berdasarkan pertimbangan yang matang," kata Basarah yang merupakan Wakil Sekretaris Jenderal PDIP itu.

"Tidak saja hanya untuk kepentingan dan masa depan serta kejayaan partai di masa datang tapi dalam rangka mengawal jalannya pemerintahan nasional Jokowi-JK agar betul-betul dapat terlaksana sesuai dengan amanat penderitaan rakyat, berada pada jalur ideologi dengan haluan Trisakti, berada pada koridor konstitusi kita," tambahnya.

Menurut catatan Bisnis, rekomendasi dari presiden terpilih Joko Widodo yang disampaikan Jumat (19/9/2014) malam saat menyampaikan Visi Misi Program Aksi Presiden Terpilih dalam kongres tertutup.

Di bagian akhir penyampaian program-program tersebut, Jokowi secara langsung dan terbuka mengungkapkan isi hatinya meminta pada Ibu Mega untuk melanjutkan kepemimpinan PDIP periode 2015-2020.

Ada keinginan untuk menjaga soliditas partai dan sinergitas tiga pilar partai yaitu eksekutif, legislatif dan struktur partai.

Untuk itu dibutuhkan kepemimpinan partai yang kuat, soliditas pemerintahan dan legislatif, jelasnya.

Agenda Rakernas IV pun menjadi tidak sesuai agenda karena para Ketua DPD PDIP memutuskan tidak menggunakan hak konstitusinya menyampaikan pandangan umum sehingga Rakernas IV yang dijadwalkan baru berakhir pada Minggu (21/9/2014) kemungkinan akan selesai dan ditutup secara resmi pada Sabtu malam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rakernas pdip
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top