Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFLASI: BI Purwokerto Yakin Tetap Terkendali

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Purwokerto mencatat inflasi pada Agustus sebesar 0,43% (mtm) atau lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 0,82%.

Bisnis.com, PURWOKERTO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Purwokerto mencatat inflasi pada Agustus sebesar 0,43% (mtm) atau lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 0,82%.

Realisasi inflasi tersebut berada di bawah inflasi nasional sebesar 0,47%.Secara kumulatif, sampai Agustus 2014 inflasi di wilayah ini mencapai 3,39% (ytd).

Deputi Kepala Perwakilan BI Purwokerto Fadhil Nugroho memaparkan angka inflasi dipengaruhi oleh tarif sekolah dasar, kenaikan tarif listrik, upah pembantu rumah tangga, serta kenaikan komoditas volatile foodseperti daging, sayuran, kenaikan harga pokok penjualan daging ayam ras, kenaikan harga daging sapi impor.

“Inflasi bulan ini diperkirakan lebih rendah dengan memperhitungkan kelanjutan musim panen padi dan normalnya suplai komoditas sayur-sayuran,” katanya kepada Bisnis, Jumat (19/9/2014).

Dia memprediksi inflasi pada September 0,15% (mtm) dengan mempertimbangkan stabilnya inflasi inti dan volatile food sebagai dampak dari masuknya musim panen padi. 

Menurut Fadhil, tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Kabupaten Banyumas merekomendasikan beberapa hal antara lain menjaga kecukupan pasokan bahan pangan dengan cara melakukan pemantaun pada distributor dan pasar melalui koordinasi dengan pihak terkait. 

“Bagi pelaku UMKM, petani, nelayan hendaknya berkoodinasi dengan instansi terkait untuk mendapatkan rekomendasi konsumsi BBM serta memahami teknis penyaluran BBM,” ujarnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper