Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bocoran Kriteria Menkominfo dari Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo dikabarkan telah memiliki kriteria calon pembantunya di pos Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo dikabarkan telah memiliki kriteria calon pembantunya di pos Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Salah satu relawan media sosial Jokowi pada saat kampanye, Iwan Piliang, mengaku telah berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta itu mengenai calon Menkominfo.

“Kriteria dari Jokowi adalah muda, jujur, dan berani,” katanya di sela-sela acara diskusi Indonesia Super Digital 2018: Terobosan Anak Negeri di Jakarta, hari ini, Selasa (9/9/2014). Meski demikian, lanjutnya, Jokowi belum mau membocorkan nama sosok yang dimaksud.

Iwan sendiri punya kriteria mengenai calon pengganti Tifatul Sembiring. “Yang penting jangan orang yang pernah merusak peradaban,” katanya menyebut tiga nama yang dirasanya tidak layak menjadi Menkominfo. Orang-orang tersebut termasuk yang meloloskan Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Dia mengaku salah satu pengkritik keras UU ITE yang merupakan produk Kemenkominfo era sebelumnya. UU tersebut dinilainya membuat bangsa Indonesia mundur ke belakang.

Beberapa orang tercatat sudah menjadi korban aturan tersebut. Kasus terbaru menimpa Florence Sihombing, mahasiswi pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

“Meski saya sudah ajukan judicial review ke Mahmakah Konstitusi dan ditolak, saya bangga ada tiga hakim yang mengajukan dissenting opinion,” katanya mengenang pengalamannya menggugat UU tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper