Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON KETUA DPD: Dukungan ke Oesman Sapta Mengalir

Anggota DPD RI terpilih dari Provinsi Kalimantan Barat Oesman Sapta Odang (OSO) menjadi salah satu kandidat kuat calon ketua DPD RI periode 2014-2019.
Oesman Sapta/Antara
Oesman Sapta/Antara

 Bisnis.com, JAKRTA--Anggota DPD RI terpilih dari Provinsi Kalimantan Barat Oesman Sapta Odang (OSO) menjadi salah satu kandidat kuat calon ketua DPD RI periode 2014-2019.

Anggota DPD RI dari sejumlah daerah memberikan pernyataan akan mendukung Oesman Sapta Odang untuk tampil menjadi calon ketua DPD RI selama lima tahun ke depan, di sela kegiatan Orientasi I Anggota DPD RI periode 2014-2019, di Jakarta, Sabtu (30/8/2014) petang.

Mereka antara lain, Ghazali Abbas Adan dari Provinsi Aceh, Darmayanti Lubis (Sumatera Utara), Kadek Arimbawe (Bali), Abaraham Liyanto (Nusa Tenggara Timur), Fabian Richard Sarundajang (Sulawesi Utara), dan Basri Salama (Maluku Utara).

Ghazali Abbas menyatakan, akan mendukung Oesman Sapta Odang atau OSO untuk tampil sebagai calon ketua DPD RI, karena sudah mengenal siapa OSO sejak lama.

"Saya sudah mengenal Pak OSO sejak beliau menjadi anggota MPR RI periode 1999-2004," katanya seperti dikutip Antara.

Menurut Ghazali, OSO adalah sosok yang berani perjuang untuk kepentingan rakyat dan daerah.

Anggota DPD RI dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abraham Liyanto mengatakan, akan mendukung OSO untuk tampil sebagai calon ketua DPD RI karena melihat sebagai sosok yang berani dan berpengalaman.

Menurut dia, OSO pernah menjadi pimpinan MPR RI periode 1999-2004 dan ketua umum partai politik peserta pemilu legislatif 2004.

"DPD RI membutuhkan sosok yang berani dan 'nekad' untuk mendobrak hegemoni DPR RI," katanya.

Anggota DPD RI incumbent ini menjelaskan, DPD RI periode 2009-2014 sudah lima tahun memperjuangkan amandemen UUD NRI 1945 tapi masih mengalami kendala pada proses diplomasi dengan DPR RI.

Karena itu, kata dia, diperlukan figur pemberani untuk melakukan terobosan diplomasi dengan DPR RI.

Anggota DPD RI dari Sulawesi Utara, Fabian Richad Sarundajang mengatakan, dirinya baru pertama kali terpilih sebagai anggota DPD RI.

Namun, meskipun wajah baru, ia menyatakan sudah mengetahui sosok OSO dari pemberitaan media massa.

"Saya melihat Pak OSO adalah tokoh nasional dari daerah yang memiliki pengalaman di parlemen dan memiliki karakter kuat," katanya.

Beberapa anggota DPD RI lainnya sepeti Darmayanti Lubis (Sumatera Utara), Kadek Arimbawe (Bali), dan Basri Salama (Maluku) menyatakan akan mendukung OSO untuk tampil sebagai calon ketua DPD.

Sementara it, OSO mengatakan, akan tampil sebagai calon ketua DPD RI karena mendapat dukungan dan kepercayaan dari banyak anggota DPD RI, baik wajah baru maupun incumbent.

"Karena saya didukung untuk maju, maka saya siap maju menjadi calon ketua DPD RI," katanya.

Menurut catatan Bisnis, komposisi pimpinan DPD RI selama dua perioe sebelumnya, adalah satu ketua dan dua wakil ketua yang mewakili tiga wilayah regional Indonesia, yakni barat, tengah, dan timur.

Periode pertama diketuai oleh Ginandjar Kartasasmita dari DPD Jabar, sedangkan periode kedua diketuai oleh Irman Gusman dari DPD Sumbar.

Seperti halnya DPR, pemilihan ketua DPD dilaksanalan lima tahun sekali setelah berlangsung pemilihan legislatif (Pileg).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper