Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG: Musim Hujan Tahun Ini Dimulai Oktober-November

Awal musim hujan 2014/2015 diprediksi muncul pada Oktober dan November tahun ini, dengan sifat hujan normal.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Awal musim hujan 2014/2015 diprediksi muncul pada Oktober dan November tahun ini, dengan sifat hujan normal.

Andi Eka Sakya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengataan sebagian besar wilayah Indonesia (48,72%), akan mulai memasuki musim hujan pada Oktober 2014.

“Awal musim hujan 2014/2015 di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami keterlambatan dari rata-ratanya, dengan sifat hujan normal hingga bawah normal,” ujar Andi di Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Dia menjelaskan dari 342 zona musim (ZOM), prakiraan awal musim hujan pada  Oktober 35,7% di 122 ZOM, dan 37,7% muncul pada November di 129 ZOM.

Sementara itu suhu permukaan laut (SST) Samudera Pasifik, lanjutnya, berada pada kisaran normal dari awal Maret hingga pertengahan Agustus 2014.

“Kondisi seperti itu memberikan indikasi bahwa tidak terjadi penambahan atau pengurangan suplai air dari Samudera Pasifik. Diprediksi kondisi normal hingga El Nino lemah, akan dominan hingga awal 2015,” ungkap Andi.

Sedangkan kondisi suhu muka laut di Samudera Hindia sebelah barat Indonesia, relatif sama dengan normalnya hingga awal 2015. Akibatnya aliran pergerakan uap air dari Samudera Hindia menuju wilayah Indonesia, akan sama seperti kondisi normal.

Kondisi anomali SST di perairan Indonesia sendiri, ujarnya, menunjukan nilai yang lebih hangat dibandingkan dengan normalnya. “Diprediksi hingga Januari 2015 kondisi SST Indonesia berpotensi normal sampai dengan hangat,” ungkap Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper