Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ARUS BALIK LEBARAN 2014: Besok Puncak Arus Balik Dimulai

Jelang habisnya masa libur bersama Lebaran 2014, sejumlah ruas jalan akan kembali dipadati para pemudik yang kembali ke kota tempat mereka bekerja atau menjalani aktivitas sehari-hari.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Juli 2014  |  07:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG -- Jelang habisnya masa libur bersama Lebaran 2014, sejumlah ruas jalan akan kembali dipadati para pemudik yang kembali ke kota tempat mereka bekerja atau menjalani aktivitas sehari-hari. 

Arus lalu lintas balik ke kota asal akan meningkat mulai Kamis (31/7/2014) dan mencapai puncaknya pada Jumat dan Sabtu.

Perkiraan itu disampaikan Kasatlantas Polres Bandung AKP Eko Munaryanto di Bandung, Kamis (31/7).

"Arus kendaraan yang kembali ke kota asalnya akan meningkat pada Kamis ini, sedangkan Selasa dan Rabu kemarin cenderung lebih banyak kendaraan warga lokal yang berwisata," kata Kasatlantas.

Ia menyebutkatkan, arus yang melintasi jalur Malangbong - Nagreg maupun yang melintasi jalur alternatif Garut diprediksi akan sama padatnya. Pasalnya sebagian kendaraan melintasi jalur kota Tasikmalaya.

Polres Bandung, kata Eko berkoordinasi dengan Polres Garut dan juga dengan pihak Jasa Marga Tol Purbaleunyi untuk meningkatkan optimalisasi pengaliran arus lalu lintas.

"Sistem tutup buka dipastikan akan diberlakukan bila terjadi kepadatan, terutama dari jalur Garut ke perbatasan baik di Limbangan maupun Kadungora," kata Eko.

Ia menyebutkan, pada arus balik  yang mulai Kamis ini, dipastikan akan berlangsung lebih deras dan kepadatan di kawasan Nagreg akan meningkat.

"Pengguna jalan diminta untuk tidak berhenti di bahu jalan, dan menghindari parkir di pinggir jalan di kawasan Nagreg, kecuali di rest area," katanya.

Sementara itu berdasarkan evaluasi operasi pengamanan arus Mudik 2013 yang berlangsung sepekan sebelum lebaran, hingga H+1 Lebaran, wilayah Kabupaten Bandung cukup kondusif.

"Angka kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan pada arus balik tahun lalu," kata Eko.

Ia menyebutkan, sepanjang arus mudik lalu tercatat hanya satu kejadian kecelakaan yang signifikan. Penguatan personel di sepanjang jalur cukup efektif, termasuk juga di jalu wisata dan perbatasan kota.

Pengamanan jalur mudik di kawasan Nagreg mendapat bantuan dari pasukan Dalmas dan Brimobda Polda Jabar yang memperkuat shift pengamanan jalur itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Arus Balik

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top