Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Harga Pekan III Ramadan, Wamendag Blusukan ke Semarang

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi meninjau Pasar Tradisional Johar di Semarang, Jawa Tengah, untuk memantau secara langsung harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi. Tinjau pasar di Semarang jelang Lebaran.
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi. Tinjau pasar di Semarang jelang Lebaran.

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi meninjau Pasar Tradisional Johar di Semarang, Jawa Tengah, untuk memantau secara langsung harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

Pemantauan pada Kamis (17/7/2014) ini dilakukan sebagai rangkaian Program Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2014 guna memperoleh fakta riil perkembangan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok pada minggu ke-3  Ramadan.

“Dari hasil pemantauan yang telah dilakukan Menteri Perdagangan di Pasar Tradisional Kosambi Bandung dan Angso Duo Jambi, serta pada pemantauan di Pasar Johar Semarang hari ini, hampir semua barang kebutuhan pokok relatif stabil dan stok dalam kondisi cukup,” katanya.

Bayu mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan barang kebutuhan pokok pada bulan puasa dan menjelang Lebaran tahun ini masuk dalam kategori cukup. Harga pun terbilang stabil, kecuali untuk cabai.

“Kenaikan harga cabe disebabkan oleh kenaikan permintaan masyarakat yang cukup tinggi untuk bumbu-bumbu masakan. Namun, jika dibandingkan tahun lalu, harga cabe tahun ini jauh lebih rendah dan relatif stabil,” ungkap Bayu.

Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan, harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok per 17 Juli 2014 dibanding seminggu sebelumnya umumnya relatif stabil dan beberapa komoditas mengalami penurunan harga.

Komoditas yang mengalami penurunan harga adalah tepung terigu dari Rp 8.749/kg menjadi Rp 8.731/kg, daging sapi dari Rp 99.781/kg menjadi Rp 99.741/kg, daging ayam ras dari Rp 30.366/kg menjadi Rp 30.011/kg, telur ayam ras dari Rp 21.180/kg menjadi Rp 21.120/kg.

Cabai merah keriting dari Rp 18.148/kg menjadi Rp 17.850/kg, cabe merah besar dari Rp 19.216/kg menjadi Rp 18.806/kg, bawang merah dari Rp 27.557/kg menjadi Rp 27.239/kg, dan bawang putih dari Rp 17.945/kg menjadi Rp 17.752/kg.

Sementara itu, harga beras, gula pasir, minyak goreng curah, kedelai, dan cabe rawit merah relatif stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper