Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIDANG ISBAT RAMADAN 2014: Bulan Sudah Terlihat, Tarekat Naqsabandiyah Mulai Puasa 27 Juni

Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat (Sumbar) memulai puasa Ramadhan 1435 Hijriyah pada hari ini, 27 Juni 2014.

Bisnis.com, PADANG - Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Sumatra Barat (Sumbar) memulai puasa Ramadhan 1435 Hijriyah pada hari ini, 27 Juni 2014.

Sekretaris Jamaah Naqsabandiyah kota Padang, Edizonmengungkapkan penentuan 1 Ramadan sudah dilakukan melalui metode hisab munjid (perhitungan kalender Naqsabandiyah) dan rukyat (melihat bulan) pada 22 Sya'ban.

"Saat itu bulan sudah tampak, dan dipastikan pada 27 Juni 2014 kami sudah berpuasa," katanya.

Dia menjelaskan penglihatan bulan pertama kali dilakukan pada tengah malam tanggal 8 Sya`ban . Kemudian, penglihatan bulan malam hari pada 15 Sya`ban dan penglihatan pada fajar pada 22 Sya'ban.

"Bulan jelas terlihat, setelah itu kami cocokkan lagi dengan penghitungan kalender dengan cara menghitung 360 hari dari awal puasa tahun lalu".

Dengan demikian, lebih dari lima ribu jamaah Naqsabandiyah Sumbar yang tersebar antara lain di Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok menggelar shalat tarawih pada Kamis (26/6) malam.

Di Padang, terdapat sekitar 1.500-an jamaah Naqsabandiyah yang tersebar di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung. Shalat tarawih dilakukan 22 rakaat ditambah witir satu rakaat.

Penetapan awal Ramadan Naqsabandiyah satu hari lebih cepat dari Muhammadiyah yang baru barpuasa pada 28 Juni 2014. Sementara Kementerian Agama baru akan menetapkan awal Ramadan dalam sidang isbat yang digelar pada 27 Juni 2014. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper