Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT ke-2 PIDF: Indonesia Siap Jembatani Asia dan Pasifik Selatan

Indonesia siap meneruskan dan meningkatkan peran sebagai jembatan penghubung antara kawasan Pasifik Selatan dengan regional Asia.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono /bisnis.com
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia siap meneruskan dan meningkatkan peran sebagai jembatan penghubung antara kawasan Pasifik Selatan dengan regional Asia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan posisi Indonesia yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia sangat krusial dalam upaya mendorong konektivitas antara negara-negara di benua Asia dan negara-negara kepulauan di Pasifik Selatan.

"Sebagai negara yang terletak di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, adalah tujuan utama bagi Indonesia untuk menjembatani kawasan Pasifik dengan Samudera Hindia dan juga dengan Asia Timur,” kata SBY dalam KTT Pacific Island Development Forum (PIDF) ke-2 di Fiji, seperti dikuti laman presidenri.go.id, Kamis (19/6/2014).

SBY mengatakan komitmen tersebut telah ditunjukan selama masa kepemimpinan Indonesia dalam forum APEC pada 2013. Indonesia, jelasnya, berinisiatif melibatkan negara-negara Pasifik Selatan dalam diskusi pembangunan konektivitas APEC.

Indonesia juga aktif meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara peserta PIDF. RI 1 mengklaim selama kepemimpinannya Indonesia telah membangun hubungan diplomatik dengan hampir semua negara kepulauan di Pasifik.

Komitmen Indonesia untuk meningkatkan peran negara Pasifik Selatan dalam APEC juga ditunjukan melalui dukungan RI atas keinginan Papua Nugini menyelenggarakan KTT APEC sekaligus mengetuai forum ekonomi tersebut pada 2018 

“Kami membangun hubungan tersebut [dengan negara Pasifik Selatan] berdasarkan kesetaraan, saling menghormati kedaulatan masing-masing, kemerdekaan, dan integritas wilayah,” jelas SBY.

SBY mengajak negara-negara PIDF untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia, khususnya dalam menjaga keberlanjutan dan meningkatkan nilai tambah dari sumber daya perikanan dan kelautan.

“Kita dapat berkolaborasi untuk membangun hubungan di antara kawasan perairan nasional. Untuk itulah, Indonesia mendukung rencana perluasan partisipasi dari negara-negara Pasifik yang lain pada Inisiatif Segi Tiga Terumbu Karang atau Coral Triangle Initiative," kata Presiden SBY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper