Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Firma Hukum Patton Boggs Bayar US$15 Juta Akhiri Gugatan Chevron

Patton Boggs LLP setuju untuk membayar US$15 juta untuk mengakhiri gugatan Chevron Corp yang berkaitan dengan keterlibatan kantor hukumnya untuk mendapatkan putusan dalam kasus Chevron di Ekuador yang digugat sebesar US$9,5 miliar. Patton Boggs juga sepakat untuk menarik diri dari litigasi di Ekuador.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, NEW YORK - Patton Boggs LLP setuju untuk membayar US$15 juta untuk mengakhiri gugatan Chevron Corp. yang berkaitan dengan keterlibatan kantor hukumnya untuk mendapatkan putusan dalam kasus Chevron di Ekuador yang digugat US$9,5 miliar. Patton Boggs juga sepakat untuk menarik diri dari litigasi di Ekuador.

Seperti dilansir Bloomberg pada Kamis (8/5/2014) hakim distrik AS di New York, Lewis Kaplan pada 4 Maret memutuskan bahwa pengacara dari kantor hukum lain, Steven Donzinger telah terbukti menyuap dan melakukan penipuan dalam memperoleh putusan Chevron di Ekuador yang diselenggarakan karena perusahaan minyak tersebut bertanggung jawab atas pencemaran hutan hujan Amazon. Atas keputusan tersebut Donzinger melakukan banding.

 “Keputusan Kaplan termasuk beberapa bukti yang ditemukan terkait hal-hal tersebut akan berpengaruh secara material terhadap keputusan perusahaan kami untuk tetap menyediakan jasa hukum,” hal tersebut dikemukakan oleh pihak Patton Boggs dalam sebuah pernyataan kemarin (7/5). "Patton Boggs menyesalkan keterlibatannya dalam masalah ini."

Pada 29 April, Kaplan mengabaikan klaim Patton Boggs bahwa San Ramon, Chevron yang berbasis di California telah secara kejam menguggat kantor hukum untuk mengumpulkan putusan-putusan. Kantor hukum tersebut yang dibiayai senilai US$15 juta untuk litigasi Ekuador tersebut telah mencari akses senilai US$21,8 juta ke Chevron.

 “Kami senang bahwa Patton Boggs mengakhiri keterlibatannya dengan skema peradilan yang di Ekuador yang penuh dengan penipuan,” Hal ini disampaikan oleh Konsulat Umum Chevron Hewwit Pate kemarin. “Chevron mendorong kantor hukum lain untuk menghentikan keterlibatannya pada kecurangan peradilan.”

Kasus untuk Patton Boggs awalnya berawal dari putusan pengadilan Ekuador yang menghukum Chevron untuk membayar US$9,5 miliar atas kerusakan lingkungan yang disebabkan bocornya pipa limbah pengeboran minyaknya. Pada tahun 2010, Patton Boggs mewakili masyarakat untuk menguak bukti-bukti kerusakan yang dilakukan Chevron. Hal tersebut kemudian dipergunakan untuk memeras Chevron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg, Washington Post

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper