Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Lupa, Saksikan Gerhana Matahari Cincin (29/4/2014)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi bahwa pada Selasa (29/4) akan terjadi Gerhana Matahari Cincin. Namun demikian, peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan itu, hanya dapat disaksikan di sebagian Antartika bagian Timur Laut.
 Ilustrasi Gerhana Matahari
Ilustrasi Gerhana Matahari

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi akan terjadi Gerhana Matahari Cincin pada Selasa (29/4/2014). Namun, peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan itu, hanya dapat disaksikan di sebagian wilayah Antartika bagian Timur Laut.

Selain di wilayah tersebut, gerhana ini dapat juga dilihat di Indonesia bagian Selatan, seperti di Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Australia, Samudra Hindia bagian selatan, dan sebagian Antartika bagian Utara berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan ini, hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan dan hanya terjadi pada saat fase purnama.

Pada 2014 ini, diprediksi terjadi empat kali gerhana, yakni:

1. Gerhana Bulan Total 15 April 2014. Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian Barat, Kalimantan bagian Barat dan Sumatera. Gerhana ini dapat diamati juga dari Afrika bagian Barat, Eropa bagian Barat, Samudra Atlantik, Amerika, Samudra Pasifik, Asia Timur, dan Filipina.

2. Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014. Gerhana tersebut dapat diamati dari wilayah Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, Bali dan Nusa Tenggara berupa Gerhana Matahari Sebagian. Selain dari Indonesia, gerhana ini dapat diamati juga dari Australia, Samudra Hindia bagian Selatan, dan Antartika.

3. Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014. Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia. Gerhana ini dapat diamati juga dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia dan Asia kecuali Asia Barat.

4. Gerhana Matahari Sebagian 23 Oktober 2014. Gerhana tersebut tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia. Gerhana dapat dilihat di Amerika Utara dan Samudera Pasifik bagian utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper