Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tarik Wisatawan, Kota Bandung Revitalisasi Kebun Seni Tamansari

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) menerima bantuan dana Rp1 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk merevitalisasi kawasan Kebun Seni Tamansari Bandung.
Ria Indhryani
Ria Indhryani - Bisnis.com 18 April 2014  |  16:20 WIB
Tujuan utama penataan atau revitalisasi kebun seni ini adalah untuk kembali mengangkat para seniman di Kota Bandung dengan menjadikannya sebagai salah satu objek wisata.  - bisnis.com
Tujuan utama penataan atau revitalisasi kebun seni ini adalah untuk kembali mengangkat para seniman di Kota Bandung dengan menjadikannya sebagai salah satu objek wisata. - bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) menerima bantuan dana Rp1 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk merevitalisasi kawasan Kebun Seni Tamansari Bandung.

Kebun Seni Tamansari yang terletak di daerah Kebun Binatang Bandung tersebut selama ini menyediakan berbagai karya seni seperti seni lukis dan seni pahat, dimana pembeli dapat melihat langsung proses pembuatannya.

Kepala Disbudpar Kota Bandung Herlan Joerliawan mengatakan sejauh ini kebun seni yang memiliki luas 3 ribu meter persegi dan cukup banyak diisi kios-kios tersebut masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

"Dengan adanya bantuan dana dari pemerintah pusat, kami ingin fokus menjadi kebun seni tersebut sebagai salah satu pilihan objek wisata belanja dimulai dengan merevitalisasi bangunan dan juga fasilitas agar lebih menarik perhatian wisatawan," katanya, Kamis (17/4/2014).

Disburpad sudah mulai melakukan perencanaan dengan konsultan dan rencananya proses lelang proyek revitalisasi ini akan dilakukan dalam waktu 1 bulan ke depan.

Menurutnya, jika dalam waktu 1-2 bulan ke depan pemenang lelang proyek sudah didapat, maka rancangan dan perencanaan dapat segera dilakukan melalui proses konstruksi pembangunan fisik. Diharapkan proyek ini dapat diselesaikan dalam 3 bulan, atau rampung tahun ini.  

"Dana yang tersedia sekian, sehingga mungkin saja proyek ini memakan dana kurang dari yang disediakan sesuai dengan perencanaan. Rencananya, 87% dana akan dihabiskan untuk pembangunan fisik dan sisanya rancangan dan perencanaan."

Herlan mengatakan sosialisasi dengan pihak seniman yang sudah menetap dan juga Yayasan Margasatwa Tamansari Bandung selaku pengelola kebun seni tersebut juga mulai dilakukan agar penataan dapat lebih mudah dilakukan.

Tujuan utama penataan atau revitalisasi kebun seni ini adalah untuk kembali mengangkat para seniman di Kota Bandung dengan menjadikannya sebagai salah satu objek wisata. "Beberapa kios di kebun seni ini memilih tutup dan terkadang hanya dijadikan tempat parkir. Dengan tampilan dan isi yang lebih menarik, wisatawan dapat menjadikannya sebagai salah satu pusat belanja karya seni," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top