Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chevron Bersihkan Tumpahan Minyak Kapal Medelin West

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) membantu membersihkan tumpahan minyak di dek kapal Medelin West ketika proses pengisian minyak mentah ke kapal sedang berlangsung, pada Rabu (26/3/2014).
Tumpahan minyak di laut/Antara
Tumpahan minyak di laut/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU—PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) membantu membersihkan tumpahan minyak di dek kapal Medelin West ketika proses pengisian minyak mentah ke kapal sedang berlangsung, pada Rabu (26/3/2014).

Manager HCT – CTOM PT CPI Aristo Joeristanto mengaku telah mengisolasi dan membersihkan tumpahan minyak dari kapal Medelin West, para petugas CPI juga langsung membersihkan tumpahan minyak di laut pada saat yang sama.

“Setelah hasil pembersihan minyak dilakukan, diketahui bahwa volume minyak yang tertumpah tidak lebih 10 barrel. Kami juga telah memberikan laporan pada Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai sehari kemudian,” kata Aristo dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (3/4/2014).

Dia menuturkan Dumai Operation memiliki tim manajemen krisis yang selalu siap merespon penanganan tumpahan di lingkungan laut. Pihaknya telah melakukan oil spill response sesuai dengan prosedur.

Mooring boat, speed boat dan rubber boat sudah dikerahkan untuk menggelar tambahan oil boom dalam rangka memperkecil area sebaran tumpahan minyak di laut. Adapun, oil skimmer dikerahkan untuk mengambil kembali minyak dari permukan laut.

Marine Environmental Protection (MEP) adalah tim yang dibentuk untuk mengantisipasi terjadinya tumpahan minyak di sekitar dermaga minyak CPI. Tim ini memiliki lebih kurang 100 personel yang terlatih dan tersertifikasi untuk menangani tumpahan minyak mentah di perairan Dumai dan sekitarnya.

 “Secara rutin, kami melakukan latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Perairan (PTMP) di daerah terminal minyak Chevron di Dumai. Tujuannya untuk memastikan agar kejadian ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper