Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nyepi 400 Jadwal Penerbangan Ngurah Rai Ditiadakan

Menyambut Hari Raya Nyepi, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan Ditutup selama 24 jam pada 31 Maret 2014.

Bisnis.com, BADUNG--Menyambut Hari Raya Nyepi, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan Ditutup selama 24 jam pada 31 Maret 2014.

I Gusti Ngurah Ardita, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, menyampaikan penutupan dilakukan terhitung pukul 06.00 WITA pada 31 Maret sampai 06.00 WITA pada 1 April 2014.

Selama penutupan bandara, diperkirakan sebanyak 400 jadwal penerbangan ditiadakan. Jumlah itu terdiri dari 248 penerbangan domestik dan 152 penerbangan internasional.

Perihal kesiapan internal bandara, sebanyak 156 personil yang terkait dengan penerbangan akan tetap disiagakan selama 24 jam penutupan bandara.

"Walaupun tidak beroperasi, namun kami tetap akan menyiagakan personil untuk mengantisipasi adanya permohonan technical landing atau emergency landing, termasuk medical evacuation," jelasnya, Selasa (25/3/2014).

Demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan Nyepi di bandara, Angkasa Pura I bekerja sama dengan Air Navigation telah mengirimkan notice to airman (NOTAMN) ke maskapai penerbangan dan bandara di seluruh dunia.

Dengan NOTAMN itu, seluruh maskapai bisa mengatur dari jauh hari untuk tidak menjadwalkan penerbangan ke Bali selama periode penutupan.
 
Penutupan bandara selama Hari Raya Nyepi sudah berlangsung secara rutin setiap tahun sejak tahun 2000.

Namun, beberapa hal tetap dikoordinasikan dan disiapkan untuk memastikan seluruh pelaksanaan Nyepi di bandara berjalan lancar dan aman.

"Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait operasional, juga desa adat dan Kelurahan Tuban untuk menjalankan mekanisme perayaan Nyepi,"paparnya.

Penutupan bandara dilakukan mengacu pada Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. AU/2696/DAU/1796/99 pada 1 September 1999 dan Surat Edaran Gubernur Bali No. 003.2/223168/DPIK pada 20 Desember 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper