Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Topix (24/3) Naik 2,2%

Saham Jepang naik, dengan indeks Topix memangkas kerugian dalam 2 pekan, dengan penguatan dipimpin oleh eksportir, perusahaan tekstil dan fiber.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.comTOKYO - Saham Jepang naik, dengan indeks Topix memangkas kerugian dalam 2 pekan. Kenaikan itu dipimpin oleh sektor perusahaan eksportir, perusahaan tekstil dan fiber.

Saham Sony Corp. melonjak 3,1% karena yen melemah 0,2% terhadap dolar. Saham Toray Industries Inc. produsen karbon fiber naik 3,9% dan Toho Zinc Co. perusahaan smelter non-ferrous metal—logam bukan besi—melonjak 7% setelah keuntungan meningkat tujuh kali lipat.

“Saham telah melemah minggu lalu, dan sekarang kita melihat bahwa perekonomian Amerika Serikat menguat, pasar telah stabil dan yen melemah, sehingga Jepang terangkat hari ini,” kata Masaru Hamasaki, Strategist Senior Sumitomo Mitsui Asset Management Co.

Menurutnya, pasar kini semakin terbiasa dengan pelemahan ekonomi China dan fakta ini telah price in. Sementara itu, lanjutnya, volatilitas saham Jepang per hari telah menjadi lebih tinggi, sehingga pergerakan ini adalah sesuatu yang sangat positif.

Indeks Topix pada Senin (24/3) naik 2,2% menjadi 1.170,72 di Tokyo, dengan 31 perusahaan mendapatkan keuntungan dan hanya 2 perusahaan dari kelompok industri ini yang tidak mendapatkannya.

Indeks pada pekan lalu turun 1,6% setelah mengalami kemerosotan 5,8% pada periode sebelumnya. Sementara itu, Nikkei 225 Stock Average naik 2% menjadi 14.511,42. Saham Jepang naik walaupun survei awal pada manufaktur CHIna menunjukkan pelemahan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper