Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Santri Ponpes di Kab. Malang Dapat Fasilitas Rusunawa

Kementerian Negara Perumahan Rakyat memberikan bantuan rumah susun sewa (rusunawa) serta asrama khusus santri dan santriwati di lingkungan pondok pesantren di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bisnis.com, MALANG - Kementerian Negara Perumahan Rakyat memberikan bantuan rumah susun sewa (rusunawa) serta asrama khusus santri dan santriwati di lingkungan pondok pesantren di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bantuan itu diberikan untuk dua ponpes, yakni Ponpes Salafiyah Shirotul Fuqoha Kecamatan Gondanglegi dan Ponpes Rohdotul Muslimin Kecamatan Tumpang.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan pembangunan rusunawa dan asrama tersebut diharapkan menjadi hunian yang lebih baik bagi para santri sehingga mereka lebih rajin belajar.

"Pemerintah tidak hanya membantu pembangunan rusunawa maupun asrama, tetapi juga pembangunan komunal mandi cuci kakus [MCK] kepada masyarakat pedesaan," kata Djan Faridz di sela-sela peresmian rusunawa di Ponpes Shirotul Fuqoha Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Senin (17/3/2014).

Di Kabupaten Malang, bantuan pembangunan komunal MCK sedikitnya dilakukan di empat desa. Untuk pembangunan Kemenpera berharap hingga akhir 2014 ada empat rusunawa lagi di lingkungan ponpes bisa dibangun.

Menurutnya, sepanjang 2013 sedikitnya 300 asrama untuk para santri telah dibangun. Pada 2014 menyusul meningkatnya anggaran pembangunan asrama, sebanyak 400 asrama santri di seluruh Indonesia akan dibangun.

Bantuan pembangunan rusunawa dan asrama untuk para santri ponpes tersebut karena ponpes merupakan aset negara, khususnya dalam lembaga pendidikan Islam.

"Selain itu pada 2013 sebanyak 250.000 rumah yang tidak layak huni juga telah dibedah dan tersebar di seluruh Indonesia," jelas dia.

Sedikitnya 1.000 MCK sepanjang 2013 juga telah dibangun. Pada 2014 akan dibangun lagi sebanyak 1.700 MCK.

Pengasuh Ponpes Shirotul Fuqoha, KH M. Abdul Goni, mengatakan bantuan pembangunan rusunawa tersebut sangat membantu khususnya bagi para santri dalam memperoleh fasilitas yang lebih baik.

"Kendati selama ini fasilitas untuk tempat tinggal para santri-santriwati di ponpes sudah cukup layak. Namun dengan bantuan pembangunan rusunawa tersebut tentunya menjadikan fasilitas yang ada menjadi lebih baik," tambahnya.

Dia mengapresiasi pemerintah yang telah memperhatikan tempat tinggal santri di ponpes. Dengan fasilitas rusunawa itu, diharapkan para santri lebih nyaman, serta lebih rajin dalam menempuh pendidikan di ponpes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper