Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Berencana Bangun Rumah Budaya di 10 Negara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus mempromosikan budaya Indonesia ke kancah internasional. Setidaknya 10 rumah budaya Indonesia (RBI) akan dibangun di 10 negara.
 Rumah Gadang, Rumah Adat Minang Kabau/Antara
Rumah Gadang, Rumah Adat Minang Kabau/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus mempromosikan budaya Indonesia ke kancah internasional. Setidaknya 10 rumah budaya Indonesia (RBI) akan dibangun di 10 negara.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti mengatakan RBI merupakan program di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud. Pemilihan konsep rumah dalam promosi budaya ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan masyarakat Indonesia dengan dunia luar.

”Kenapa disebut rumah budaya? Intinya adalah, titik atau rumah ini membuat orang akan nyaman untuk megunjungi, bukan kantor apalagi kedutaan. Ini people to people relationship dalam menggalang kerja sama,” kata Wamenbud dalam laman Kemendikbud (13/3/2014).

Adapun ke-10  negara yang akan menjadi titik pembangunan RBI ini adalah Amerika, Jerman, Belanda, Perancis, Turki, Jepang, Timor Leste, Singapura, Myanmar, dan Australia. Untuk pembangunan RBI di Timor Leste, katanya, akan dilakukan tahun ini yang didahului dengan sayembara desain bangunan.

Dari proses sayembara tersebut, desain Tedjo Baskoro, seorang dosen arsitektur  ITB akan menjadi desain bangunan RBI di Timor Leste.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Marijan mengatakan bentuk rumah budaya di 10 negara tersebut tidak sama karena pada dasarnya pembangunan rumah budaya bukan sekadar pembangunan fisik semata, tetapi juga aktivitas. Khusus untuk bangunan fisik, jelasnya, desain RBI akan disayembarakan terlebih dahulu.

“Antar negara akan dilombakan sendiri-sendiri (desain RBI-nya), sehingga rumahnya nanti akan berbeda,” katanya.

Kacung menambahkan khusus Timor Leste, RBI yang dibangun merupakan rumah budaya plus, karena selain berfungsi sebagai media promosi budaya, desain bangunan RBI ini juga disertai bangunan rumah pintar.

“Khusus Timor Leste, tidak semata-mata berfungsi sebagai tempat kebudayaan, tapi juga tempat pelatihan,” tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper