Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telah Masuk Kamus Oxford, Begini Asal-usul Kata 'Selfie'

Kata 'selfie' yang akhir-akhir ini semakin marak ternyata telah masuk dalam kosa kata Oxford English Dictionary.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kata 'selfie' yang akhir-akhir ini semakin marak ternyata telah masuk dalam kosa kata Oxford English Dictionary.

Riset bahasa yang dilakukan oleh editor Oxford Dictionaries mengungkap frekuensi penggunaan kata Selfie dalam Bahasa Inggris telah meningkat 17.000% sepanjang tahun lalu.

Kata 'selfie' sebenarnya dapat ditelusuri kembali pada 2002, saat itu digunakan dalam sebuah forum online Australia pada 13 September 2012, yaitu:

“Um, drunk at a mates 21st, I tripped ofer [sic] and landed lip first (with front teeth coming a very close second) on a set of steps. I had a hole about 1cm long right through my bottom lip. And sorry about the focus, it was a selfie.”

Judy Pearsall, Direktur Editorial Oxford Dictionaries menjelaskan evolusi kata selfie dibantu oleh situs media sosial yang memopulerkannya. Pada 2004 mucul foto di situs Flickr dengan tanda 'selfie', namun penggunaannya tidak meluas sampai pada 2012 kata tersebut mulai digunakan dalam media-media mainstream.

"Dalam contoh awal, biasanya sering dieja dengan akhiran -y, tapi saat ini menggunakan akhiran -ie dan itu sangat pengting, karena mengubah kata yang pada dasarnya merujuk pada narsis menjadi sesuatu yang agak lebih menawan," paparnya seperti yang dikutip Bisnis dari situs resmi Oxford Dictionary, Kamis (6/3/2014)

Judy menambahkan, bahasa Inggris-Australia memiliki kecenderungan untuk mengubah kata-kata, misalnya kata barbekyu menjadi barbie, kata firie untuk firefighter, dan tinnie untuk sekaleng bir.

"Hal tersebut mendukung bukti bahwa selfie memang berasal dari Australia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper